Share

Momen Perbincangan Jokowi dengan 6 Kapolres

Fahreza Rizky, Okezone · Rabu 01 Juli 2020 13:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 01 337 2239429 momen-perbincangan-jokowi-dengan-6-kapolres-4dldaeOerB.jpg Presiden Jokowi menyempatkan berbincang dengan 6 Kapolres melalui video conference dalam peringatan HUT ke-74 Polri (Foto : Biro Pers Kepresidenan)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyapa enam Polres secara virtual bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Bhayangkara di Istana Negara, Jakarta, Rabu (1/7/2020).

Dalam kesempatan itu Presiden Jokowi ditemani Kapolri Jenderal Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Enam Polres yang disapa Jokowi yakni Polres Sabang, Merauke, Pulang Pisau, Rote Ndao, Talaud dan Gunung Kidul.

Jokowi lalu menyapa keenam Polres tersebut dan melakukan dialog. Perbincangan pertama dimulai dari Polres Sabang. "Saya ingin Kapolres Sabang dan Polres Sabang, Polda Aceh. Aman semuanya?" Tanya Jokowi.

Kapolres Sabang AKBP Muhammadun menjawab pertanyaan Kepala Negara. "Siap Alhamdulillah sehat Bapak Presiden," ucapnya.

Lalu, Jokowi kembali bertanya apakah di Sabang sudah memasuki musim kemarau atau penghujan. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Musim hujan atau sudah masuk ke kemarau?" tanya Jokowi.

"Siap. masuk musim kemarau," jawab Kapolres Sabang.

Jokowi lalu kembali bertanya, "Apakah ada kebakaran di Sabang?"

Kapolres lalu menjawab tidak sesuai dengan pertanyaan Jokowi. Momen ini pun tampak terekam jelas. "Siap untuk sementara wisata sudah dibuka tapi masih agak sepi bapak presiden," ucap Kapolres Sabang.

Jokowi menyapa polisi dalam peringatan HUT ke-74 Polri (Foto : Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi lalu menimpali lagi terkait pertanyaannya soal karhutla itu. "Tolong dijaga. Kepada seluruh jajaran Polda maupun Polres, urusan kebakaran jangan dilupakan. Karena ini kita sudah masuk ke musim kemarau. Terutama penegakan hukumnnya lakukan secara tegas. Makasih Pak Kapolres, Kapolda," ujar Jokowi.

Jokowi lalu menyapa Polres Pulang Pisau. Kepala Negara kembali bertanya terkait karhutla. Kapolres lalu mengatakan di daerahnya masih belum terjadi kebakaran.

"Siap bapak presiden. Sampai masih zero kebakaran. Dan kami persiapkan untuk rencana food estate bapak presiden," ujar Kapolres Pulang Pisau AKBP Yuniar Ariefianto.

"Pertahankan agar betul-betul tidak ada kebakaran untuk hari-hari dan bulan-bulan selanjutnya. Karena Pulang Pisau ini sering menjadi, dulu-dulu tapi sering menjadi langganan kebakaran. Tapi saya tahu dengan tanggung jawab saudara-saudara, ini kita harapkan tahun ini dan ke depan tidak ada kebakaran lagi di kabupaten Pulang Pisau," jelasnya.

Baca Juga : Hari Bhayangkara, Kapolri: Pererat Sinergitas Bersama TNI

Kepala Negara lalu menyapa Polres Talaud. Jokowi meminta laporan Kapolres terkait peristiwa keamanan apa saja yang terjadi di daerah sana.

Kapolres Talaud AKBP Alam Kusuma S. Irawan mengkalim wilayahnya aman terkendali selama 1x24 jam. Namun Jokowi kembali bertanya mengenai kasus yang terjadi di Talaud selama Januari hingga Juni 2020. "Jangan hanya 1x24 jam, yang tahun ini 2020 Januari sampai Juni, yang paling berat apa?" tanya Jokowi.

"Siap untuk kejadian, mayoritas kejadian konvensional yaitu kasus penganiayaan," ucap Kapolres Talaud.

Sedangkan penanganan Covid-19 di Talaud masih bisa dikendalikan dengan baik.

Jokowi lalu beralih bertanya ke Kapolres Rote Ndao AKBP Bambang Hari Wibowo. Ia menanyakan kasus hukum yang terjadi di sana.

"Sekaligus kami laporkan bapak presiden untuk keamanan wilayah hukum Polres Rote Ndau alhamdulilah kondusif, tidak ada kejadian menonjol dan tidak ada kasus yang membahayakan bagi masyarakat kabupaten Rotendau. Demikian sebagai laporan bapak presiden," ucap Kapolres.

Baca Juga : Pemabuk Ini Resmi Jadi Tersangka Pembakar Mobil Via Vallen

Jokowi juga menyapa Polres Gunung Kidul. Ia bertanya mengenai penanganan Covid-19 di sana. Lalu Kapolres menjawab ada empat pasien Covid-19 yang dirawat di RSUD Wonosari. Namun saat ini banyak pasien yang sudah sembuh.

"Siap alhamdulilah penanganan Covid-19 saat ini masih ada 4 pasien yang sedang dirawat di RSUD Wonosari. Dan alhamdullilah sudah banyak yang sembuh. Kemudian untuk kerja sama pemda gunung kidul, kami juga melibatkan TNI kemudian anggota Polri di lapangan untuk sama-sama mengedukasi masyarakat untuk mencegah Covid-19," ujar Kapolres Gunung Kidul AKBP Agus Setiyawan.

"Kalau 4 berarti sedikit. Kalau kapolres tahu jumlah pasien yang positif 4 artinya ikut terjun ke lapangan. Terima kasih Kapolres, Bupati, Dandim, Ketua DPRD," ucap Jokowi.

Terakhir, Jokowi menyapa Polres Merauke. Kapolres AKBP Ary Purwanto lalu menjelaskan di wilayahnya angka kriminalitas menurun 30% selama pandemi corona. Sementara di sana terdapat 16 kasus positif Covid-19. Namun kini seluruhnya sudah sembuh sehingga saat ini tidak ada kasus lagi.

"Siap mohon izin dilaporkan bapak presiden untuk situasi Merauke hingga saat ini aman terkendali. Sebagai evaluasi 3 bulan terakhir semasa pandemi situasi kriminalitas menurun 30%. Sedangkan untuk penanganan covid 19 untuk kabupaten merauke mulai 22 maret sampai hingga saat ini ada 16 kasus covid. Dan alhamdulilah puji Tuhan ekarang semua sudah sembuh. Artinya sudah 0 pasien covid 19. Demikian kami laporkan," ucap Kapolres.

"Terima kasih. Berrati itu ada penanganan yang cepat, sehingga ada 16 yang positif tetapi diselesaikan dengan baik. Dan selanjutnya kita harapkan tidak ada lagi covid di Merauke. Terima kasih semuanya," tutup Jokowi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini