HUT Bhayangkara, Ini 5 Aksi Heroik Polisi yang Viral di Media Sosial

Khafid Mardiyansyah, Okezone · Rabu 01 Juli 2020 12:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 07 01 337 2239381 hut-bhayangkara-ini-5-aksi-heroik-polisi-yang-viral-di-media-sosial-cQYH3Vac7b.JPG Polisi di Jakbar sempat viral saat menggendong warga yang terkena serangan jantung (Foto: TMC Polda Metro Jaya)

JAKARTA - Hari ini, Rabu (1/7/2020) merupakan hari jadi ke-74 Korps Bhayangkara. Di usia yang sudah dewasa, banyak sumbangsih dari polisi bagi masyarakat.

Okezone merangkum, setidaknya ada lima momen aksi polisi yang menjadi viral di media sosial. Lima momen itu sempat membuat warga dan netizen salut akan aksi polisi yang seolah tak kenal lelah dalam membantu masyarakat.

Berikut lima aksi polisi yang viral di media sosial:

1. Polisi Gendong Nenek Lumpuh di Atas Bukit

Seorang Bhabinkamtibmas Desa Tileng, Girisubo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Aiptu Agus Sugiyarto rela menapaki hutan belantara demi memberikan bantuan kepada Mbah Salinem seorang nenek renta.

Bahkan, Agus rela menggendong Mbah Salinem untuk menuruni jalan setapak yang dikelilingi pohon-pohon besar. Perjuangan Mbah Salinem menjadi role model aparat kepolisian.

Meskipun mengalami kelumpuhan, Mbah Salinem tetap semangat mencari makan di atas perbukitan belakang rumahnya demi mencari makan sehari-hari. Ia tak menyerah dengan keadaan.

2. Gendong Pria Terkena Serangan Jantung

Seorang Polisi Lalu Lintas (Polantas) menggendong pria yang mengalami serangan jantung di kawasan Halte Busway kawasan Jakarta Barat, Jumat (14/2/2020). Peristiwa itu terekam kamera video hingga menjadi viral di media sosial.

Dalam video yang diunggah akun akun Twitter TMC Polda Metro Jaya, @TMCPoldaMetro, dijelaskan jika pria yang diketahui bernama David itu merupakan penumpang busway yang terkena serangan jantung secara mendadak.

Petugas yang berada di lokasi langsung sigap dan menggendong korban ke rumah sakit terdekat.

"Polri Sat Lantas Jakbar membantu penumpang Busway bernama bpk David yg mengalami serangan Jantung mendadak di sekitar halte busway Rs. Harapan Kita Jakbar, dan dibawa ke UGD RS. Harapan Kita Jakbar," tulis keterangan video.

3. Kuburkan Jenazah Covid-19 yang Telantar

Aksi Bripka Jerry Tumundo membantu menguburkan jenazah seorang pasien Covid-19 di Desa Wusa Kecamatan Talawaan, Kabupaten Minahasa Utara pada Jumat 10 April 2020 lalu yang sempat terlantar menjadi viral di media sosial.

Jenazah tersebut sempat terlantar sekitar dua jam di areal pekuburan. Seorang sopir ambulance dengan memakai Alat Perlindungan Diri (APD) yang membawa jasad itu pun bingung mau berbuat apa disamping liang lahat yang sudah digali keluarga yang bersangkutan.

Dengan memakai APD, dibantu sopir ambulance, anak almarhumah dan kepala lingkungan mereka langsung melakukan proses pemakaman jenazah.

Ilustrasi

Aksi dari Anggota Kepolisian Sektor (Polsek) Dimembe, Kabupaten Minut, Sulawesi Utara itu tak pelak menjadi viral dan mendapat apresiasi langsung dari Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis.

Lewat video call, Kapolri menyampaikan apresiasi langsung kepada Bripka Jerry yang juga menjabat sebagai Kanit Reskrim Polsek Dimembe itu.

Dalam video call tersebut, atas nama pribadi dan institusi Polri, Kapolri mengucapkan terima kasih dan respek terhadap hasil kerja kemanusiaan dari bapak tiga anak tersebut. Seluruh anggota polri bangga terhadap ketulusannya bekerja membantu memakamkan korban akibat Covid-19.

Selain menyampaikan rasa bangganya, Kapolri juga berjanji akan membuatkan surat teleskoting untuk bekal Bripka Jerry masuk Sekolah Inspektur Polisi (SIP) tahun depan.

4. Bantu Seorang Ibu Melahirkan di Jalan

Seorang polisi di Bojonegoro mendadak viral lantaran video menolong seorang perempuan tengah melahirkan di tengah hutan di Dusun Betek, Desa Gondang, Bojonegoro tersebar berantai melalui media sosial dan whatsapp.

Polisi bernama Ipda BJ Handoko yang merupakan Kanit Binmas Polsek Gondang Bojonegoro menolong perempuan bernama Astri Sulistyoningsih (32) warga Dusun Puguhrejo Desa Gondang RT 28 RW 7, melahirkan di hutan Nglamur dengan alat seadanya, pada Jumat 6 Desember 2019 lalu.

Usai melahirkan perempuan dan bayi tersebut berhasil selamat dan dibawa ke Puskesmas Gondang untuk pemeriksaan medis lebih lanjut.

Saat dikonfirmasi, Ipda Handoko menyebut aksinya merupakan tindakan spontan lantaran melihat sang perempuan yang berniat pergi ke puskesmas justru terkapar di jalan setapak pada area hutan.

5. Susuri Ratusan Kilometer untuk Salurkan Bantuan Covid-19

Jajaran Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) harus menyusuri hutan belantara khas Kalimantan sejauh ratusan kilometer tanpa ada rasa takut. Tak jarang kendaraan yang membawa paket bantuan terperosok akibat sulitnya medan.

Perjalanan panjang nan melelahkan itu dilakukan untuk menyebarkan bantuan bagi warga terdampak Covid-19 di Kalimantan. Aksi tersebut pun menjadi pembicaraan di media sosial.

"Kita tidak melihat berapa jauh jarak yang kita tempun. Prinsipnya kita ingin memastikan bantuan pemerintah ini tepat sasaran pada mereka yang membutuhkan," ujar Kapolda Kalteng Irjen Dedi Prasetyo belum lama ini.

Dedi mengaku memimpin langsung pembagian ribuan paket sembako tersebut. Dengan waktu yang dibutuhkan tiga hingga empat hari.

Selain sembako, Polda Kalteng juga memberikan alat pemadam kebakaran untuk warga agar dapat membantu aparat mencegah potensi terbakarnya hutan dan lahan.

"Kami juga memberikan edukasi dan sosialisasi secara persuasif kepada masyarakat mengenai pentingnya kedisiplinan protokol kesehatan dalam memutus mata rantai penyebaran virus itu," ungkap mantan Karo Penmas Divisi Humas Polri ini.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini