Ada Pasien Covid-19 Lolos Terbang, KKP Bandara Soetta Evaluasi Pemeriksaan Dokumen

Isty Maulidya, Okezone · Rabu 01 Juli 2020 11:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 07 01 337 2239347 ada-pasien-covid-19-lolos-terbang-kkp-bandara-soetta-evaluasi-pemeriksaan-dokumen-FXEm5CD4Pl.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

TANGERANG - Satu penumpang pesawat Garuda Indonesia terkonfirmasi positif Covid-19 dan berhasil terbang dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Sorong pada Sabtu (27/6/2020).

Penumpang tersebut diketahui positif Covid-19 setelah petugas menemukan dokumen dari Laboratorium Dinas Kesehatan Jawa Barat yang menyatakan penumpang tersebut positif Covid-19.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Bandara Soetta, Anas Maruf menyatakan bahwa pihaknya akan melakukan evaluasi terkait pemeriksaan dokumen perjalanan. Hal itu diakuinya sebagai langkah untuk antisipasi agar tidak ada lagi penumpang positif Covid-19 yang diizinkan terbang.

"Pada prinsipnya itu kita melakukan evaluasi ke dalam. Itu untuk antisipasi ke depan," jelas Anas pada Rabu (01/07/2020).

Baca Juga: Berangkat dari Bandara Soetta, Satu Penumpang Garuda Tujuan Sorong Kedapatan Positif Covid-19

Anas juga mengatakan pihaknya akan meningkatkan pengawasan pemeriksaan dokumen perjalanan. Petugas akan diminta untuk lebih teliti lagi dalam memeriksa setiap dokumen terkait, terlebih lagi untuk surat keterangan bebas Covid-19.

"Kemudian untuk meningkatkan pengawasan pemeriksaan secara lebih teliti kepada dokumen yang dibawa oleh calon penumpang," lanjutnya.

Sebelumnya, Garuda Indonesia menyatakan bahwa penumpang tersebut lolos pemeriksaan dokumen perjalanan sehingga bisa melakukan perjalanan dengan pesawat.

Syarat untuk bisa melakukan perjalanan dengan pesawat terbang adalah dengan melengkapi dokumen perjalanan dan akan diperiksa oleh petugas KKP sebelum check in. Setelah dokumen dinyatakan lengkap dan terverifikasi, kemudian KKP mengeluarkan surat clearence bahwa yang bersangkutan layak untuk melakukan perjalanan.

(kha)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini