HUT Ke-74 Bhayangkara, Polisi Bantu Siswa SD Agar Tak Lagi Bertaruh Nyawa saat Sekolah

Puteranegara Batubara, Okezone · Rabu 01 Juli 2020 07:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 07 01 337 2239216 hut-ke-74-bhayangkara-polisi-bantu-siswa-sd-agar-tak-lagi-bertaruh-nyawa-saat-sekolah-o60RH57byj.jpg Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal menyerahkan bantuan perahu motor untuk transportasi anak sekolah (Foto: Ist/Puteranegara)

JAKARTA - Siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 5 Pemongkong, Kabupaten Lombok Timur, diketahui setiap harinya selalu bertaruh nyawa saat hendak pergi sekolah demi mengenyam pendidikan sebagai generasi penerus bangsa.

Bagaimana tidak menantang maut, pasalnya, para siswa itu saat pergi sekolah, hanya menggunakan perahu rakit yang berukuran 2X2 meter. Kendaraan itu digunakan untuk menyeberangi lautan yang luas.

"Mereka menyeberangi lautan yang jarak tempuhnya sekitar 250 meter dengan kedalaman saat pasang tertinggi adalah sampai dengan 10 meter. Anak-anak SD tersebut melakukan ini demi bisa mengikuti/menyambung pendidikan di sekolahnya," kata Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal kepada Okezone, Jakarta, Selasa (30/6/2020).

Dalam hal ini, polisi menyerahkan satu unit perahu motor untuk fasilitas transportasi laut bagi anak-anak sekolah, dengan tujuan para siswa SD bisa aman dan dapat bersekolah dengan nyaman tanpa adanya ketakutan.

"Kami membuat perahu kemudian perahu tersebut diberikan kepada anak sekolah SDN 5 sebagai sarana transportasi air pengganti rakit gabus yang digunakan mereka selama ini untuk pergi dan pulang ke sekolahnya yang berada di pulau seberang dari pulau tempat mereka tinggal," ujar Iqbal.

Selain itu, Iqbal mengingatkan kembali kepada masyarakat terkait pencegahan penyebaran pandemi Covid-19, yang merupakan tanggung jawab bersama seluruh elemen masyarakat baik pemerintah, tokoh agama dan masyarakat (togama), tokoh pemuda, dan lain-lain.

"Dengan merebaknya pandemi virus corona, agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan guna memutus tali rantai penyebarannya," ujarnya.

Tak hanya itu, Polda NTB melalui Direktorat Pol Airud juga menggelar 'Bedah Perahu' di pesisir laut Pulau Lombok. Kemudian, juga disambung dengan memberikan bantuan paket peralatan sekolah dan sembako bagi 31 siswa serta 100 paket sembako untuk warga Dusun Rie.

"Ini merupakan program Hari Bhayangkara ke-74 yang melibatkan pihak pemerintah, Polri, dan TNI, guna meringankan beban masyarakat pesisir pantai," ucap Iqbal

Menurut Iqbal, Hari Bhayangkara ke-74 akan dijadikan sebagai momentum untuk mengingatkan kembali bahwa Polri merupakan abdi negara yang memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai pengayom, pelayan, dan pelindung masyarakat.

"Sesuai pesan bapak Kapolri bahwa Polri harus ada di tengah-tengah masyarakat dalam situasi dan kondisi apa pun. Nah, pemberian bantuan ini sebagai wujud pengabdian kami serta sebagai bukti bahwa kami ada untuk masyarakat, lebih-lebih pada masa pandemi Covid-19 ini," tutup Iqbal.

(Ari)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini