Selamat HUT Ke-74 Bhayangkara

Muhamad Rizky, Okezone · Rabu 01 Juli 2020 06:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 07 01 337 2239203 selamat-hut-ke-74-bhayangkara-nwI0jASnoN.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA - Kepolisian Republik Indonesia tepat hari ini, merayakan Hari Bhayangkara yang ke-74. Hari istimewa bagi institusi kepolisian itu lahir pada 1 Juli 1946.

Kala itu pemerintah Indonesia menetapkan bahwa Kepolisian Republik Indonesia bertanggung jawab langsung terhadap perdana menteri.

Kata Bhayangkara sendiri diambil dari istilah kerajaan Majapahit yang kala itu Patih Gajah Mada menggunakan kata itu sebagai pasukan pengamanan raja dan kerajaan. Dengan alasan itu pula hingga saat ini simbol Kepolisian Republik Indonesia adalah Gajah Mada.

Bahkan sebagai bentuk penghormatan Polri juga membangun patung Gajah Mada di depan Kantor Mabes Polri dan nama Bhayangkara dijadikan sebagai nama pasukan kepolisian.

Sejak Hari Bhayangkara ditetapkan tentu sudah banyak perjuangan dan pengorbanan khususnya dari jajaran kepolisian dalam menjaga bangsa Indonesia.

Tak jarang di antara mereka juga gugur saat menjalani tugas. Polri pun dalam rangkaian peringatan kegiatannya, yakni melakukan prosesi tabur bunga di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan, pada Senin 29 Juni 2020.

"Rangkaian HUT Bhayangkara yang ke-74 jadi melaksanakan tabur bunga. Tentunya bahwa kegiatan ini mengingatkan jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului kita, sehingga kita bisa memetik daripada jiwa juang para pahlawan yang telah mendahului gugur,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono.

Rencananya, perayaan HUT ke-74 Bhayangkara akan berbeda dengan sebelumnya karena situasi Covid-19. Yakni, upacara bakal dilakukan secara virtual dengan dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Tentunya kaitan dengan upacara hari Bhayangkara kita tetap lakukan secara virtual. Nanti ada di Istana dengan Irup bapak presiden didampingi bapak Kapolri,” tuturnya.

(Ari)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini