Presiden Jokowi Instruksikan Gugus Tugas Prioritaskan 57 Daerah Berisiko Tinggi Covid-19

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 29 Juni 2020 12:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 29 337 2238083 presiden-jokowi-instruksikan-gugus-tugas-prioritaskan-57-daerah-berisiko-tinggi-covid-19-jNEPcNFnhE.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

JAKARTA - Presiden Joko Widodo menginstruksikan jajarannya memberikan dukungan percepatan penanganan Covid-19, di 57 kabupaten/kota dengan tingkat risiko tinggi virus corona.

Hal tersebut dikemukakan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo usai mengikuti rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (29/6/2020).

"Yang pertama adalah upaya untuk memberikan dukungan terhadap 57 kabupaten/kota yang masih dengan resiko tinggi," ucap Doni.

 Virus Corona

Menurut dia, gugus tugas telah melakukan zonasasi terhadap daerah yang memiliki tingkat risiko, baik itu tinggi, sedang, rendah bahkan yang tidak terdampak Covid-19 sekalipun.

"Dari penekanan pak Presiden ke depan gugus tugas bersama dengan gugus tugas provinsi untuk memprioritaskan 57 kabupaten/kota dengan tingkat risiko yang masih tinggi," imbuh dia.

Presiden Jokowi, lanjut Doni, juga menekankan pentingnya pelibatan seluruh unsur masyarakat dan aparat TNI-Polri dalam upaya mitigasi.

"Upaya mengurangi risiko termasuk dibantu sejumlah tokoh, yang ada di daerah, baik itu tokoh agama, tokoh masyarakat, budayawan, termasuk juga melibatkan antropolog," tukas dia.

 

Dengan pelibatan unsur masyarakat, maka karakteristik daerah dapat diketahui untuk menekan laju penambahan kasus Covid-19.

"Kemudian zonasi ini sangat tergantung pada tingkat kepedulian bersama. Tidak cukup hanya bupati walikota atau gubernurnya, apabila tidak mendapat dukungan dari segenap komponen masyarakat yang ada di daerah maka yang semula zona hijau bisa saja dalam waktu yang tidak lama terjadi perubahan ke kuning, bahkan yang kuning pun bisa menjadi orange atau bahkan merah," pungkas Doni.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini