Penumpang Positif Covid-19, Garuda Indonesia Klaim Ikuti Prosedur yang Berlaku

Isty Maulidya, Okezone · Senin 29 Juni 2020 12:29 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 29 337 2238067 penumpang-positif-covid-19-garuda-indonesia-klaim-ikuti-prosedur-yang-berlaku-VpCofT89Zd.jpg Foto Ilustrasi Okezone

TANGERANG - Seorang penumpang yang terkonfirmasi positif Covid-19 berhasil terbang dari Bandara Soekarno Hatta menuju Bandara Domine Edward Sorong, pada Sabtu 27 Juni 2020. Penumpang tersebut diketahui merupakan penumpang maskapai Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 682.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra menjelaskan, bahwa penumpang tersebut berhasil diangkut oleh Garuda Indonesia karena telah mendapatkan izin terbang dari otoritas terkait.

Untuk mendapatkan izin tersebut, kata Irfan, calon penumpang diwajibkan membawa sejumlah dokumen perjalanan termasuk surat bebas Covid-19 yang kemudian akan diperiksa sebelum bisa check-in di konter maskapai.

"Bahwa penumpang telah memperoleh validasi dan clearance dari otoritas terkait, perihal pemenuhan persyaratan protokol kesehatan bagi penumpang yang akan melakukan penerbangan," ujar Irfan dalam keterangannya, Senin (29/06/2020).

 Baca juga: Berangkat dari Bandara Soetta, Satu Penumpang Garuda Tujuan Sorong Kedapatan Positif Covid-19 

Selain itu, Irfan juga memastikan bahwa pihaknya telah menjalankan protokol kesehatan di dalam pesawat agar penumpang tidak tertular Covid-19 di dalam pesawat. Awak kabin yang bertugas juga sudah melalui prosedur disinfeksi dan karantina mandiri sesuai dengan aturan yang berlaku.

Termasuk pada penerbangan GA 682 rute Jakarta-Sorong yang dioperasikan dengan penerapan physical distancing, dimana tingkat isian penumpang berkisar di angka 62 persen dari total kapasitas pesawat.

"Garuda Indonesia juga telah menjalankan prosedur protokol kesehatan terhadap armada serta awak kabin yang bertugas pada penerbangan tersebut melalui prosedur disinfeksi armada dan karantina mandiri sesuai ketentuan," lanjut Irfan.

 

Untuk mencegah peristiwa tersebut terjadi kembali, pihak Garuda Indonesia akan melakukan koordinasi dan komunikasi intensif dengan pihak terkait lainnya. Hal ini merupakan tindak lanjut agar protokol kesehatan dalam penerbangan bisa berjalan optimal. Irfan juga meminta masyarakat untuk bisa bekerjasama menjalankan prosedur protokol kesehatan penerbangan dengan baik.

"Garuda Indonesia bersama-sama dengan stakeholder terkait terus melakukan koordinasi dan komunikasi intensif terkait tindak lanjut atas kondisi tersebut guna memastikan prosedur protokol kesehatan penerbangan pada masa transisi new normal berjalan dengan optimal," pungkas Irfan.

(wal)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini