Peristiwa 29 Juni : Brasil Juara Piala Dunia, Ahok Lahir

Arie Dwi Satrio, Okezone · Senin 29 Juni 2020 05:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 29 337 2237906 peristiwa-29-juni-brasil-juara-piala-dunia-ahok-lahir-YxPS5IHisP.jpg Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok

JAKARTA - Sejumlah peristiwa penting tercatat pernah terjadi pada 29 Juni dari tahun ke tahun. Mulai dari Brasil menjadi juara piala dunia FIFA untuk yang pertama kalinya, hingga lahir Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Sejumlah peristiwa itu menjadi catatan dunia.

Berikut ulasan singkat Okezone terkait peristiwa penting serta lahirnya tokoh di Indonesia pada 29 Juni :

1. Bendara Pangeran Harya Natakusuma Diangkat Sebagai Paku Alam I

Bendara Pangeran Harya Natakusuma merupakan putera ketiga dari pasangan Hamengkubuwono I dan Raden Ayu Srenggara, seorang selir yang berasal dari desa Karangnangka. Di dalam urutan seluruh putra-putri Hamengkubuwono I Notokusumo adalah urutan ke 11. Ia merupakan salah satu putra terkasih Sultan HB I.

Pada 29 Juni 1812, Natakusuma diangkat oleh Pemerintah Kerajaan Inggris menjadi Gusti Pangeran Adipati Paku Alam. Pengangkatan ini berdasarkan jasa-jasanya terhadap Pemerintah Inggris.

Melalui Perjanjian Politik 17 Maret 1813 atau yang sering disebut dengan Politiek Contract, Natakusuma secara resmi diangkat sebagai Pangeran Merdika dibawah Pemerintah Inggris dengan gelar Pangeran Adipati Paku Alam. Kepadanya diberikan tanah dan tunjangan, tentara kavaleri, hak memungut pajak, dan hak tahta yang turun temurun. Semua ini diperoleh dengan imbalan kesetiaan kepada Pemerintah Inggris.

Daerah kekuasaan Paku Alam meliputi sebuah kemantren di kota Yogyakarta (sekarang menjadi wilayah kecamatan Pakualaman) dan Daerah Karang Kemuning (Adikarto) di bagian selatan Kabupaten Kulon Progo sekarang.

2. Menara Tokyo Dibangun

Menara Tokyo adalah sebuah menara di Taman Shiba, Tokyo, Jepang. Tinggi keseluruhan 332,6 m dan merupakan bangunan menara baja tertinggi di dunia yang tegak sendiri di permukaan tanah. Pembangunan fisik menara Tokyo dimulai pada 29 Juni 1957.

Menara ini rampung dibangun dan dibuka untuk masa percobaan pada 7 Desember 1958. Hingga saat ini, Menara Tokyo terkenal sebagai simbol kota Tokyo dan objek wisata daripada fungsinya sebagai menara antena pemancar TV analog (UHF/VHF), TV lokal digital, dan radio FM.

Selain itu, perusahaan KA East Japan Railway menggunakan menara ini untuk meletakkan antena radio sistem darurat kereta api, dan sejumlah instrumen pengukuran dipasang oleh Kantor Lingkungan Hidup Metropolitan Tokyo.

3. Brasil Pertama Kalinya Jadi Juara Piala Dunia

Brasil berhasil menjadi juara piala dunia FIFA yang pertama kalinya pada 29 Juni 1958. Ia menjadi juara setelah mengalahkan sang tuan rumah, Swedia, dengan skor 5 - 2. Piala dunia FIFA 1958 merupakan gelaran yang keenam kalinya.

Baca Juga : Sempat Keluhkan Biaya, Warga Malaysia di Riau Sembuh Corona

4. Museum Monumen Yogya Kembali Dibangun

Monumen Yogya Kembali dibangun pada 29 Juni 1985 dengan upacara tradisional penanaman kepala kerbau dan peletakan batu pertama oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan Sri Paduka Paku Alam VIII. Gagasan untuk mendirikan monumen ini dilontarkan oleh kolonel Soegiarto, selaku Walikotamadya Yogyakarta pada tahun 1983.

Nama Yogya Kembali dipilih dengan maksud sebagai tetenger (peringatan) dari peristiwa sejarah ditariknya tentara pendudukan Belanda dari ibu kota RI Yogyakarta pada waktu itu, 29 Juni 1949. Hal ini merupakan tanda awal bebasnya bangsa Indonesia dari kekuasaan pemerintahan Belanda.

Pembangunan monumen ini dilakukan dengan memperhitungkan beberapa faktor penting. Titik pusat bangunan ini merupakan sebuah titik yang secara imajiner menghubungkan beberapa titik penting di Yogyakarta yaitu Kraton Jogja, Tugu Yogyakarta, Gunung Merapi, Parang Tritis dan juga Panggung Krapyak.

5. Lahirnya Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

Basuki Thajaja Purnama, atau yang karib disapa Ahok merupakan mantan Gubernur DKI Jakarta yang cukup fenomenal. Ahok tercatat lahir pada 29 Juni 1966, di Manggar, Belitung Timur. Saat ini, ia berusia 53 tahun.

Di usia yang ke 53 tahunnya, Ahok dipercaya oleh Presiden Jokowi untuk menjabat sebagai Komisaris Utama Pertamina, hingga saat ini. Nama Ahok santer terdengar ketika ia sedang terjerat kasus penodaan agama.

Ahok bebas dari penjara atas kasus penodaan agama pada 24 Januari 2019. Pada 22 November 2019, Ahok ditunjuk untuk menjabat Komisaris Utama Pertamina. Sebelum menjabat Komut Pertamina, Ahok juga pernah menjadi Anggota DPR dan Bupati Belitung Timur.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini