Rapat Kabinet, Jokowi Singgung Bansos dan PHK Gede-gedean

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Minggu 28 Juni 2020 19:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 28 337 2237810 rapat-kabinet-jokowi-singgung-bansos-dan-phk-gede-gedean-EBvpRUitBV.jpg Presiden Joko Widodo. Foto: Screenshoot dari Youtube Sekretariat Presiden

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Sosial (Mensos) Julari P. Batubara untuk segera menyalurkan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat yang terdampak pandemi virus corona (Covid-19).

"Bansos yang ditunggu masyarakat segera keluarkan!. Kalau ada masalah lakukan tindakan-tindakan lapangan. Meskipun sudah lumayan, tapi baru lumayan. Ini extra ordinary, harusnya 100 persen," ujar Jokowi dalam sidang kabinet paripurna pada 18 Juni 2020 yang videonya diunggah ke akun Youtube Sekretariat Presiden pada Minggu (28/6/2020).

Jokowi juga mengingatkan kementerian di bidang ekonomi segera memberikan stimulus ekonomi kepada UMKM. Pasalnya, para pelaku usaha juga tengah menunggu kebijakan tersebut.

"Jangan biarkan mereka mati dulu baru kita bantu, enggak ada artinya. Berbahaya sekali kalau perasaan kita seperti enggak ada apa-apa. Berbahaya sekali," tuturnya.

Baca Juga: Arahan di Tengah Pandemi Covid-19, Jokowi Sebut Reshuffle hingga Bubarkan Lembaga Negara 

Kepala Negara ingin pelaku UMKM, perbankan, manufaktur, hingga industri lainnya diberi prioritas agar tak ada Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) besar-besaran.

"Jangan sudah PHK gede-gedean, duit serupiah pun belum masuk ke stimulus ekonomi kita," pungkasnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sorot Kinerja Kementerian Kesehatan di Tengah Pandemi Covid-19 

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini