dr Reisa: Pengelola Potong Rambut Harus Taat Protokol Covid-19

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Sabtu 27 Juni 2020 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 27 337 2237468 dr-reisa-pengelola-potong-rambut-harus-taat-protokol-covid-19-oqzPSkspN7.jpg Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19/Foto: BNPB

JAKARTA - Memasuki pola kebiasaan hidup baru atau new normal di tengah pandemi Covid-19, sejumlah aktvitas pun diperbolehkan kembali dibuka. Seperti halnya usaha jasa potong rambut.

Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro mengatakan tempat jasa potong rambut seperti salon atau barbershop wajib menaati protokol kesehatan Covid-19.

“Barbershop atau salin semua dalam kategori fasilitas umum, ini menjadi berpotensi penularan Covid-19. Untuk itu diperlukan sebuah pengaturan pencegahan Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan,” ujar dr Reisa di Graha BNPB Jakarta, Sabtu (27/6/2020).

Terpenting, kata Reisa, para pelaku usaya wajib pekerja wajib menggunakan alat pelindung diri saat bekerja.

Baca juga: 52.812 Positif, 21.909 Sembuh, dan 2.720 Meninggal

“Semua pekerja wajib gunakan alat pelindung diri baik masker, faceshield, pelidung mata atau celemek selama mereka bekerja. Sedangkan untuk pengunjung semuanya wajib menggunakan masker dan tidak boleh dilepas selama perawatan,” ujarnya.

Ia menganjurkan agar alat potong rambut tidak digunakan secara bersamaan seperti handuk dan celemek. Ataupun jika ada alat yang digunakan berulang pun harus disanitasi.

“Kalau ada alat yang harus digunakan berulang maka harus disanitasi, dapat dicuci dengan deterjen atau disterilkan dengan disinfektan,” terangnya.

Lebih lanjut Dokter berparas cantik itupun menghimbau agar pengelola jasa potong rambut untuk dapat memperhatikan sirkulasi udara. Seperti memberishkaan filter AC dengan rutin agar terhindar Covid-19.

Baca juga: 1.385 Kasus Baru Corona Pecahkan Rekor, Jatim Penyumbang Terbanyak

“Agar kualitas udara di tempat usaha atau tempat kerja dengan mengoptimalkan sirkulasi udara dan sinar matahari masuk. Termasuk pembersihan filter AC dengan rutin,” tuturnya.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini