Viral Lagu Yamko Rambe Yamko Disebut Bukan dari Papua

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Sabtu 27 Juni 2020 15:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 27 337 2237386 viral-lagu-yamko-rambe-yamko-disebut-bukan-dari-papua-gbXTLZyAcg.jpg Cuitan lagu Yamko Rambe Yamko bukan dari Papua/Foto: capture @PapuaItuKita

JAKARTA - Lagu Yamko Rambe Yamko, terkenal sebagai lagu daerah Papua. Namun viral di media sosial, lagu tersebut bukanlah berasal dari Papua.

Hal tersebut sebagaimana unggahan akun twitter @PapuaItuKita pada tanggal 26 Juni 2020. Dalam kicauannya akun tersebut menyebutkan orang Papua tidak tahu dan tidak mengetahui lagu Yamko Rambe Yamko sebagai lagu daerah.

"Lagu Yamko Rambe Yamko, lagu daerah Irian Jaya/Papua. Artis besar sampai anak sekolah menyanyi lagu itu," tulis akun @PapuaItuKita.

"Coba cek tanya ke orang Papua itu lagu dari Papua mana, bahasa Papua mana? orang Papua tidak tau & tidak mengakui itu sebagai lagu daerah. Siapa Paksa jadi lagu Papua?," imbuhnya.

Hingga hari Sabtu (27/6/2020) cuitan tersebut sudah mendapatkan 4.751 retweets dan 12.100 like dari pengguna twitter.

Beragam reaksi netizen, pun tertuang dalam replyan tweet tersebut. Ada yang menanyakan kevalidan hal tersebut bahkan sampai memints ulasan asal usul cerita aslinya.

"Lah jadi yg nerjemahin itu pakai lanfasan bahasa apa?," tulis akun @afif_permana.

"Karena sudah ditwit begini malah jadi penasaran asal usul atau cerita aslinya, tolong sekalian dibuat thread saja," kata akun @ercsty.

Lantas dari asal lagu daerah ini sebenarnya?

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini