Hormati Putusan Saudi, Pimpinan DPR Nilai Keselamatan Jamaah Paling Penting

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Selasa 23 Juni 2020 16:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 23 337 2235027 hormati-putusan-saudi-pimpinan-dpr-nilai-keselamatan-jamaah-paling-penting-4jk3ItiWPA.jpg Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco. (Foto : Okezone.com)

JAKARTA – Pemerintah Arab Saudi memutuskan tetap menyelenggarakan ibadah haji 2020 dengan jamaah terbatas dan hanya yang sudah berada di negara tersebut.

Merespon hal tersebut, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengaku bakal menghoromati keputusan itu. Pasalnya, menurut dia keselamatan jamaah sangat penting di tengah pandemi Covid-19.

“Kita hormati keputusan Arab Saudi itu karena memang dalam situasi di tengah pandemi Covid-19 ini. Memang keselamatan para jamaah itu yang paling penting,” kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (23/6/2020).

Menurut Dasco, keputusan pemerintah Arab Saudi itu sejalan dengan langkah pemerintah Indonesia yang memilih tidak mengirimkan jamaah haji pada tahun ini.

“Kemudian memang sejalan dengan langkah pemerintah Indonesia yang tidak mengirimkan jamaah haji itu sudah sejalan karena memang gejala-gejala awal atau tanda-tanda awal bahwa pemerintah Arab Saudi itu tidak menerima jamaah dari banyak negara termasuk Indonesia,” ujarnya.

“Itu sudah kelihatan ketika dari pihak Kementerian Agama itu akan mengoordinasikan soal penginapan dan soal katering itu sudah jauh-jauh hari memang tidak bisa komunikasi,” kata Dasco.

Lebih lanjut, politikus Partai Gerindra ini memandang langkah pemerintah Indonesia tidak memberangkatkan jamaah calon haji sudah sangat tepat sehingga masyarakat tak perlu menunggu kepastian dari pemerintah Arab Saudi.

“Sehingga langkah pemerintah Indonesia untuk tidak memberangkatkan haji itu kami pikir sudah tepat. Apa jadinya kalau kita siap-siap sudah berangkat, sudah disiapkan, tiba-tiba pemerintah Arab Saudi seperti sekarang memang tidak memberikan kuota kepada banyak negara,” tutur Dasco.


Baca Juga : Arab Saudi Putuskan Ibadah Haji 2020 Tetap Berlangsung, Tapi...

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menyatakan, musim Haji 1441 Hijriah diputuskan akan tetap berlangsung dengan jumlah jamaah yang terbatas.

Menurut Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, setiap orang yang saat ini tinggal di Arab Saudi, dari negara manapun mereka berasal, boleh menunaikan ibadah haji tahun ini.

“(Jamaah) dari semua kebangsaan yang tinggal di Arab Saudi saja, yang bersedia melakukan ibadah haji,” sebut pernyataan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, melansir Saudi Press Agency, Senin 22 Juni 2020.

Baca Juga : Kedepankan Keselamatan, Pemerintah RI Apresiasi Saudi Gelar Haji 2020 Secara Terbatas

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini