Doni Monardo : Hindari Asap Karhutla agar Selamat dari Bahaya Corona

Fahreza Rizky, Okezone · Selasa 23 Juni 2020 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 23 337 2234942 doni-monardo-hindari-asap-karhutla-agar-selamat-dari-bahaya-corona-uSZSFmDuly.jpg Kepala BNPB Doni Monardo. (Foto BNPB)

JAKARTA – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo mengatakan, asap pekat yang diakibatkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sangat berbahaya bagi penderita penyakit pernapasan yang terjangkit Covid-19.

"Karena hampir pasti lahan gambut yang terbakar akan timbulkan asap yang sangat pekat. Asap yang pekat inilah bisa timbulkan ancaman kesehatan bagi masyarakat, terutama mereka yang miliki asma atau ISPA. Dampaknya berbahaya bagi mereka yang menderita penyakit asma ini apabila terpapar Covid-19," kata Doni selepas mengikuti rapat terbatas "Antisipasi Karhutla" di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (23/6/2020).

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 ini juga mengimbau semua daerah dapat bekerja maksimalkan untuk mengantisipasi karhutla. Pasalnya, asap yang ditimbulkan dari karhutla akan sangat berbahaya.

"Bukan hanya khusus daerah, tetapi semua daerah diharapkan semaksimal mungkin mengindari timbulnya asap. Apalagi asap yang ditimbulkan dari kebakaran lahan, khususnya gambut. Sehingga kerja keras dari berbagai komponen masyarakat di daerah untuk lakukan pencegahan ini sangat penting. Kita hindari asap agar kita juga bisa selamat dari bahaya Covid-19," tuturnya.


Baca Juga : Uji Klinik Terapi Covid-19 pada Manusia Dapat Restu Menkes Terawan

Lebih lanjut Doni mengatakan, sesuai arahan Presiden Jokowi, aspek pencegahan karhutla adalah hal utama yang harus dilakukan sehingga tingkat kebakaran bisa semakin dikurangi.

"Penekanan yang mungkin perlu disampaikan BNPB dan juga selaku Gugus Tugas adalah kerja keras, kerja sama dari seluruh komponen masyarakat di seluruh daerah yang tiap tahun alami kebakaran hutan dan lahan yang cukup besar, terutama di kawasan lahan gambut," tuturnya.


Baca Juga : Jokowi: Padamkan Kebakaran Hutan, Jangan Sampai Kita Pontang-panting!

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini