Polda Metro Koordinasi dengan Kedubes AS soal Ekstradisi Buronan FBI

Puteranegara Batubara, Okezone · Jum'at 19 Juni 2020 12:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 19 337 2232815 polda-metro-koordinasi-dengan-kedubes-as-soal-ekstradisi-buronan-fbi-DerauWiRem.jpg Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus (Okezone)

JAKARTA - Polda Metro Jaya terus berkoordinasi dengan Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS) soal proses ekstradisi terhadap buronan Federal Bureau of Investigation (FBI), Russ Albert Medlin.

Ekstradisi adalah proses dimana seorang tersangka yang ditangkap di negara lain bisa diserahkan ke negara asalnya untuk dilakukan persidangan atas kasus kriminal yang ada di negara asalnya. Ekstradisi sendiri merupakan perjanjian antar negara dengan tujuan mempersempit tempat pelarian para pelaku kejahatan.

"Berkoordinasi dengan teman-teman dari U.S Embassy dan FBI," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, saat dikonfirmasi, Jakarta, Jumat (19/6/2020).

Yusri menjelaskan, lantaran tersangka hingga kini masih di Indonesia maka, selama disini dia akan menjalani dulu proses hukum atas kasus prostitusi anak yang menjeratnya.

"Kami menunggu saja bagaimana keputusannya. Tapi sementara masih kita persangkakan yang bersangkutan dengan UU nomor 23 tahun 2002 tetang pencabulan anak dibawah umur dengan ancamannya paling sedikit lima tahun dan paling lama 15 tahun penjara," papar Yusri.

Baca Juga: Buronan Kelas Kakap FBI Russ Medlin Ternyata Predator Anak

Sebelumnya, Polda Metro Jaya berhasil menangkap Warga Negara Amerika Serikat yang merupakan buronan Federal Bureau of Investigation (FBI), Russ Albert Medlin (RAM), pada Senin, 15 Juni 2020.

Ia ditangkap di tempat tinggalnya di kawasan Brawijaya VIII, Jakarta Selatan. Ia ditangkap karena diduga telah melakukan pencabulan anak di bawah umur.

Dugaan pencabulan Russ Medlin terhadap anak di bawah umur terungkap setelah adanya pengakuan dari sejumlah korban.

Ada tiga wanita di bawah umur yang menjadi korban pencabulan Russ Medlin. Ketiganya sempat disewa oleh Russ Medlin untuk memuaskan nafsu birahinya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini