Anies Terpopuler di Medsos Kalahkan Ridwan Kamil, Namun Paling Tak Disukai

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Rabu 17 Juni 2020 16:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 17 337 2231691 anies-terpopuler-di-medsos-kalahkan-ridwan-kamil-namun-paling-tak-disukai-RvEM9k8cLD.jpg Foto: Sindonews

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan paling banyak atau terpopuler dibicarakan di media sosial. Hal tersebut berdasarkan hasil survei analisis media sosial yang dilakukan oleh Drone Emprit dan Lembaga Penelitian Ekonomi dan Sosial (LP3S).

Analis Media Drone Emprit Ismail Fahmi, menjelaskan, angka kepopuleran Anies di media sosial mencapai 64%. Bahkan Anies pun mengalahkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang hanya 19% dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil diangka 17%.

“Anies Baswedan paling populer dengan 64%, Ridwan Kamil paling rendah 17%,” jelas Ismail, Rabu (17/6/2020).

Meski angka populer Anies di media sosial tinggi, namun mantan Mendikbud itu paling rendah disukai dibanding dengan Ganjar ataupun Ridwan Kamil.

Untuk diangka favorabilitas, Ridwan Kamil paling tertinggi dengan mendapatkan 54%, kemudian disusul dengan Ganjar yang ada di 53% dan Anies paling buncit berada di angka 31%.

“Anies Baswedan paling rendah (disukai) hanya 31%, dan Ridwan Kamil tertinggi (54%),” tuturnya.

Dia menjelaskan, jika berdasarkan Social Network Analysis (SNA) atau peta percakapan orang yang ada di Twitter, Anies paling banyak dibicarakan. Dimana ada dua kelompok yakni kontra Anies dan pro Anies. “SNA Anies Baswedan masif dukungan, masif kontra,” paparnya.

Sementara, untuk Ridwan Kamil disebut sebagai Lone Range, karena tanpa pronotor dan minim kontra. “Lalu SNA Ganjar Pranowo masif dukungan dan minim kontra,” katanya.

Jika digabungkan SNA ketiga Gubernur ini, maka irisan pendukung yakni Ridwan Kamil berada di tengah antara Ganjar dan Anies Baswedan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini