Pemakaman Pramono Edhie, KSAD: Semoga Dharma Baktinya Jadi Suri Tauladan

Muhamad Rizky, Okezone · Minggu 14 Juni 2020 14:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 14 337 2229805 pemakaman-pramono-edhie-ksad-semoga-dharma-baktinya-jadi-suri-tauladan-WHW5neXyFz.jpg KSAD Jenderal Andika Perkasa (Foto: MNC News)

JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pemakaman mantan KSAD Jenderal TNI (Purn) Pramono Edhie Wibowo.

"Semoga jalan Dharma Bakti yang ditempuhnya dapat menjadi suri tauladan bagi kita semua," ujar Andika saat membacakan apel persada dalam upacara pemakaman Pramono Edhie di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (14/6/2020).

Pada proses pemakaman tersebut, Andika juga ditemani oleh mantan KSAD dari masa ke masa. Hal itu, kata Andika sebagai bentuk penghormatan kepada almarhum.

"Ini bentuk dari rasa hormat kami kepada almarhum, yang karena jasa-jasanya telah menghantarkan angkatan darat sampai dengan hari ini," tuturnya.

Pemakaman Pramono Edhie 

Diketahui, Pramono Edhie Wibowo lulus dari Akademi Militer pada 1980. Ia mengawali karir ditahun yang sama sebagai Komandan Peleton Grup I Kopassandha. Di tahun 1995 dia dipercaya menjadi Komandan Grup I Kopassus.

Lulusan Sesko TNI 2001 itu juga sempat menjadi Ajudan Presiden Megawati Soekarnoputri pada tahun 2001.

Tiga tahun kemudian dia dipercaya sebagai perwira tinggi Staf Ahli Bidang Ekonomi Politik Sesko TNI dan pada 2005 diangkat sebagai Wakil Danjen Kopassus. Tahun 2007, Pramono dipercaya sebagai Kasdam IV/Diponegoro.

Karirnya semakin menanjak ketika dipilih sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) menggantikan Letjen TNI Burhanuddin Amin sejak 30 September 2010.

Kemudian, pada 2011 merupakan puncak karir Pramono. Saat itu ia dilantik sebagai KSAD menggantikan Jenderal TNI George Toisutta sebelum akhirnya pensiun secara resmi dari militer pada Mei 2013.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini