Ketika Kang Emil Terpukau Patung "Bung Besar" di Aljazair

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Jum'at 12 Juni 2020 14:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 12 337 2228923 ketika-kang-emil-terpukau-patung-bung-besar-di-aljazair-mKgqS2Ja28.jpg source: Instagram @ridwankamil

JAKARTA - Monumen Presiden Soekarno dibuat di Ibu Kota Algiers, Aljazair. Rencananya pada tanggal 15 Juli 2020 mendatang monumen tersebut akan diresmikan.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Kang Emil) pun pernah melihat langsung proses perkembanganan pembangunan monumen tersebut. Ia pun mengunggah moment itu dalam akun instagramnya @ridwankamil.

(Baca juga: Sumbangsih 'Bung Besar' untuk Kemerdekaan Aljazair)

"Alhamdulillah momen Bung Karno di Ibukota Algiers di Aljazair sudah tegak berdiri di sebuah bundaran di perempatan jalan utama," seperti dikutip Okezone dari akun @ridwankamil, Jumat (12/6/2020).

Monumen Bung Besar itu nampak terlihat dengan pose menunjukkan tangan kanan. Dikatakan Ridwan, monumen ini atas permintaan pribadi Gubernur Algiers.

Pembangunan monumen itu kata Ridwan, karena inspirasi Bung Karno semangat Dasa Sila Bandung di Konferensi Asia Afrika (KAA) 1955. Sehingga memberikan inspirasi bagi pendiri bangsa Aljazira dalam merebut kemerdekaan dari penjajah kolonial di sana.

“Semangat Dasa Sila Bandung di KAA 1955 yang memberikan inspirasi bagi para pendiri bangsa Aljazair untuk merebut kemerdekaan dari penjajah kolonial di sana,” pungkasnya.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini