Sumbangsih 'Bung Besar' untuk Kemerdekaan Aljazair

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Jum'at 12 Juni 2020 14:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 12 337 2228899 sumbangsih-bung-besar-untuk-kemerdekaan-aljazair-8LRyZajDfO.jpg foto: ist

JAKARTA - Presiden Soekarno terkenal sebagai salah satu bapak pendiri bangsa. Sosok Soekarno pun selalu kenang oleh masyarakat Indonesia maupun mancanegara.

Salah satunya negara Aljazair yang membangun monumen Soekarno di kota Algiers. Adapun Soekarno dan Aljazair memiliki hibungan penting terkait sejarah di masa lampau.

Merangkum beragam sumber, Bung Karno mempunyai sumbangsih besar terhadap gerakan kemerdekaan Aljazair dari penjajahan Prancis.

Hal ini berawal dari undangan Bung Besar kepada Aljazair untuk mengikuti Konfrensi Asia Afrika (KAA) di Bandung pada tahun 1955. Lewat ruh KAA itu bangsa-bangsa Asia dan Afrika mampu memerdekakan dirinya termasuk Aljazair.

ist

Adapun lima keputusan yang dihasilkan KAA 1955 benar-benar membangkitkan spirit bangsa Asia Afrika untuk keluar dari cengkeraman negara penjajah.

Keputusan itu berupa, pertama memajukan kerjasama antar bangsa Asia Afrika di bidang ekonomi, sosial, budaya. Kedua, menyerukan kemerdekaan Aljazair, Tunisia, dan Maroko.

Ketiga, mengembalikan Irian Barat ke pangkuan Indonesia. Keempat, menentang diskriminasi dan kolonialisme, serta kelima dasa sila Bandung.

Keputusan KAA itu membuat Aljazair bangkit dan bisa mendapatkan kemerdekaannya dari tangan Prancis pada 1962. Pastinya, salah satunya berkat ide dan peran Soekarno yang begitu memperhatikan nasib bangsa Asia dan Afrika. Hal itu pula yang membuat negeri di kawasan Afrika Utara tersebut begitu mengagumi sosok Soekarno.

Hingga akhirnya dibuatlah monumen Soekarno yang merupakan permintaan pribadi Gubernur Algiers dengan dibuat oleh karya Dolorosa Sinaga.

Berdasarkan informasi monumen Bung Karno yang berada di Aljazair ini bakal diresmikan pada 15 Juli mendatang. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang pernah melihat secara langsung.

“Alhamdulillah, monumen Bung Karno di Ibu Kota Algriws di Aljazair sudah tegak berdiri di sebuah bundaran di perempatan jalan utama,” kata Ridwan Kamil sebagaimana diunggah dalam akun instagramnya.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini