DMI Lakukan Evaluasi Antisipasi Klaster Corona di Masjid

Muhamad Rizky, Okezone · Jum'at 12 Juni 2020 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 12 337 2228636 dmi-lakukan-evaluasi-antisipasi-klaster-corona-di-masjid-MFDWsp7ZK1.jpg Sholat Jumat di tengah pandemi Covid-19 (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua Pemuda Dewan Masjid Indonesia (DMI) Arief Rosyid Hasan menungkapkan pihaknya secara simultan melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan ibadah di masjid. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi klaster masjid di tengah new normal.

"Ini kita terus melakukan evaluasi ke masjid-masjid bersama gugus tugas. Kita ingatkan terus untuk mematuhi protokol kesehatan, jaga jarak, pakai masker, cuci tangan," kata Arief kepada Okezone, Jumat (12/6/2020).

Seperti diketahui, pasar tradisional belakangan menjadi klaster penyebaran virus corona. Tak hanya di Jakarta, klaster pasar tradisional juga terjadi di berbagai daerah di Indonesia.

 

Arief mengungkapkan, berdasarkan evaluasi yang dilaksanakan tim dari Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (RJPMI), dari 75 persen masjid di Jakarta yang telah melaksanakan Sholat Jumat semuanya telah menerapkan protokol kesehatan.

Meskipun, kata Arief tidak semua masjid tersebut menggunakan alat pengukur suhu tubuh karena keterbatasan alat, namun para jamaah tetap dipastikan untuk menggunakan masker, jaga jarak, dan mencuci tangan.

"Rata-rata mematuhi tiga protokol kesehatan, jaga jarak, pakai masker, cuci tangan. Alhamdulillah sejauh ini, belum ada laporan jamaah yang positif Covid sejak Jumat pertama dibuka," bebernya.

(Ari)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini