Menelisik Sejarah Perjalanan Nama RSPAD Gatot Soebroto

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Kamis 11 Juni 2020 14:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 11 337 2228271 menelisik-sejarah-perjalanan-nama-rspad-gatot-soebroto-0KoaVXEOSK.jpg foto: Okezone

JAKARTA - Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto (RSPAD) adalah sebuah rumah sakit yang terletak di DKI Jakarta, Indonesia tepatnya berada di Jl. Dr. Abdul Rachman Saleh, Jakarta Pusat. Rumah sakit ini merupakan peninggalan kolonial Belanda yang didirikan sejak tahun 1819.

Rumah sakit ini berada di bawah Komando Pusat Kesehatan Angkatan Darat (AD) diambil dari nama seorang tokoh perjuangan militer Indonesia dalam merebut kemerdekaan dan juga pahlawan nasional Indonesia yaitu Gatot Soebroto.

(Baca juga: Gatot Soebroto: Perintahkan Eksekusi Amir Sjarifuddin hingga Pasang Badan untuk Soeharto)

Adapun nama Gatot Soebroto menjadi nama rumah sakit untuk memberi kehormatan kepada tokoh TNI Angkatan Darat yang banyak jasanya terhadap para prajurit yaitu Jenderal TNI Gatot Soebroto.

Berdasarkan sejarahnya, RSPAD Gatot Soeboroto sudah berkali-kali melakukan pergantian nama sejak pertama didirikan. Pada tanggal 26 Juli 1950 dilaksanakan serah terima rumah sakit dari pihak TNI diwakili Letnan Kolonel Ckm Dr. Satrio dan dari KNIL diwakili oleh Letnan Kolonel Dr. Scheffers.

Dilansir dari beragam sumber, awalnya rumah sakit ini diberi nama Rumah Sakit Tentara Pusat (RSTP). RSTP adalah suatu lembaga di bawah Djawatan Kesehatan Tentara Angkatan Darat (DKTAD). Kemudian tahun 1953 sebutan DKTAD berubah menjadi DKAD. Sebutan ini memengaruhi juga nama RSTP menjadi Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RUMKIT PUS-AD), namun singkatan yang lebih dikenal adalah RSPAD.

Hingga akhirnya nama RSPAD kemudian berubah pada 1970. Saat itu RSPAD berganti nama menjadi Rumah Sakit Gatot Soebroto, disingkat Rumkit Gatot Soebroto.

Hal tersebut dilakukan pihak TNI AD guna memberi penghormatan kepada tokoh TNI AD yang memiliki banyak jasa kepada prajurit yang sakit yakni mantan Wakil Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Gatot Soebroto.

Pergantian nama itu tertuang dalam Surat Keputusan Kepala Staf Angkatan Darat Nomor SKEP-582/X/1970 tanggal 22 Oktober 1970.Kemudian, untuk membuat keseragaman sebutan nama-nama rumah sakit di lingkungan TNI Angkatan Darat, Kajankesad dengan surat edaran Nomor SE/18/VIII/1977 tanggal 4 Agustus 1977 menetapkan sebutan untuk Rumah Sakit Gatot Soebroto menjadi Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto (RSPAD Gatot Soebroto).

Memang sosok Gatot Soeborot dikenal sebagai seseorang yang pemberani, tegas, dan pantang akan kesewenang-wenangan. Maka dari itu namanya pun selalu dikenang dan bahkan diabadikan selain menjadi nama di RSPAD dan nama jalan protokol di Jakarta.

(fmi)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini