Soal Kenaikan Gaji, KPK Serahkan Pembahasan RPP Gaji ke Pemerintah

Muhamad Rizky, Okezone · Selasa 09 Juni 2020 22:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 09 337 2227173 soal-kenaikan-gaji-kpk-serahkan-pembahasan-rpp-gaji-ke-pemerintah-fEzTlnha5e.jpg Foto Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Plt Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ali Fikri membenarkan pihaknya telah menggelar rapat dengan Kementerian Hukum dan Ham terkait revisi peraturan pemerintah menyoal gaji pimpinan KPK.

Ali mengungkapkan, rapat tersebut dilaksanakan pada 29 Mei 2020 melalui video conference yang diinisiasi oleh Kemenkumham. Dalam rapat itu pihaknya menyerahkan soal rencana revisi tersebut kepada pemerintah.

"Untuk menghormati undangan itu, tentu kami hadir dan menyampaikan arahan pimpinan bahwa pembahasan hal tersebut diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah apakah akan dilanjutkan kembali penyusunannya," kata Ali dalam keterangan tertulisnya, Selasa (9/6/2020).

Ali membeberkan ada beberapa poin yang menjadi pembahasan dalam rapat tersebut.

 

Pertama surat dari Kemenkum HAM kepada kementrian PAN dan RB masih menggunakan nomenklatur RPP Perubahan sehingga RPP tersebut akan menjadi RPP Penggantian.

Selanjutnya, terkait draf RPP Penggantian juga belum ada kajian akademis mengenai jumlah besaran gaji pimpinan KPK.

"Kajian akademik akan segera diserahkan kepada Kementrian Hukum dan Ham agar bisa ditindaklanjuti dengan permintaan penilaian kepada Kementrian PAN dan RB," tandasnya.

Sebelumnya, Ketua KPK, Firli Bahuri membenarkan adanya usulan kenaikan gaji Rp300 juta untuk pimpinan KPK. Namun, wacana kenaikan gaji tersebut, kata dia, diusulkan di era kepemimpinan Agus Rahardjo.

"Terkait usulan penyesuaian gaji pimpinan KPK sudah disampaikan atau diajukan oleh pimpinan lama zaman Pak AR dan kawan-kawan, jauh sebelum pimpinan periode pimpinan KPK sekarang, tanggal 15 juli 2019," kata Firli saat dikonfirmasi awak media, Jumat 3 April 2020 lalu.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini