Unggah sebagai Relawan ISIS di Facebook, Penyebab AR Diciduk Densus

Puteranegara Batubara, Okezone · Selasa 09 Juni 2020 16:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 09 337 2227043 unggah-sebagai-relawan-isis-di-facebook-penyebab-ar-diciduk-densus-yjuZv1lXeE.jpg ilustrasi: okezone

JAKARTA - Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri bersama anggota Polda Kalimantan Barat menangkap seorang terduga teroris berinisial AR (21) di Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah.

(Baca juga: Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Mempawah Kalbar)

Dari hasil pemeriksaan sementara, terduga teroris tersebut diduga berafiliasi ke kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

"AR disinyalir berafiliasi jaringan ISIS," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono dalam jumpa pers live streaming di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (9/6/2020).

Awi menjelaskan, AR mengenal dan mendekati kelompok ISIS melalui media sosial Facebook. Hal itu setelah dilakukan penyelidikan mendalam. "Kenal organisasi tersebut dari medsos yaitu Facebook," ujar Awi.

Setelah ditelusuri jejak digitalnya, kata Awi, terduga AR sempat tampil di Facebook-nya untuk menyatakan sebagai relawan bagi kelompok radikal tersebut. "Akhirnya AR tampil sebagai relawan ISIS dan diunggah ke Facebook," ucap Awi.

AR ditangkap petugas di tempatnya bekerja di salah satu depot pengisian ulang air minum di Pasar Sungai Pinyuh. Dari lokasi itu, AR digelandang ke rumahnya untuk mendapatkan sejumlah barang bukti yang mengarah pada jaringan terorisme.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini