Anggotanya Positif Corona, Bawaslu Pastikan Pengawasan Pilkada Jalan Terus

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 08 Juni 2020 11:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 08 337 2226123 anggotanya-positif-corona-bawaslu-pastikan-pengawasan-pilkada-jalan-terus-QmLUhf6wKl.jpg Ilustrasi Bawaslu/Foto: Istimewa

JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memastikan pengawasan Pilkada 2020 tetap berjalan. Tanggung jawab Bawaslu tidak akan berubah kendati seorang anggotanya, Ratna Dewi Pettalolo positif virus corona atau Covid-19.

Anggota Bawaslu, Fritz Edward Siregar berharap Ratna Dewi segera sembuh. Ia mengatakan kerja Bawaslu didasarkan pada mekanisme kolektif kolegial.

Artinya, jika ada seorang anggotanya berhalangan, maka pengambilan keputusan dan penindakan tetap bisa dilakukan. Terlebih, Ratna Dewi masih bisa membalas pesan WhatsApp (WA).

Baca juga: Komisioner Bawaslu Ratna Dewi Positif Covid-19

"Kami berharap Ibu Dewi segera sembuh. Bawaslu kan bekerja secara kolektif kolegial. Jadi fungsi penanganan pelanggaran tetap dilakukan. Terlebih lagi, dalam pleno dan fungsi koordinasi, Ibu Dewi masih bisa membalas WA," kata Fritz kepada wartawan, Senin (8/6/2020).

Fritz mengungkapkan, beberapa pekan lalu seluruh anggota Bawaslu sudah melakukan rapid test dan kantor juga sudah disemprot disinfektan. Oleh sebab itu, kata dia, fungsi pengawasan Bawaslu akan tetap berjalan.

Baca juga: Ratna Dewi: Ada 4 Orang dari Bawaslu Positif Covid-19

"Pengawasan tetap akan berjalan. Beberapa Minggu yang lalu kami sudah dilakukan rapid test dan kantor juga sudah didisinfektan," tukasnya.

Sekadar informasi, anggota Bawaslu, Ratna Dewi Pettalolo terinfeksi Covid-19. Saat ini yang bersangkutan masih berada di Palu, Sulawesi Tengah dan mendapatkan perawatan intensif.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini