Jenazah PDP Corona Diambil Paksa, Guru Besar UI: Harus Ada Edukasi untuk Keluarga

Pernita Hestin Untari, Okezone · Sabtu 06 Juni 2020 19:26 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 06 337 2225620 jenazah-pdp-corona-diambil-paksa-guru-besar-ui-harus-ada-edukasi-untuk-keluarga-Q0mQC2PdR3.jpg Ilustrasi

JAKARTA- Pengambilan paksa jenazah PPD virus corona (Covid-19) terjadi di Rumah Sakit Dadi, Makassar, Sulawesi Selatan. Peristiwa tersebut bahkan terekam CCTV rumah sakit dan viral di media sosial.

Menurut Tenaga Ahli Gugus Tugas Covid-19 yang juga Guru Besar Penyakit Dalam Universitas Indonesia, Ari Fahrial Syam pemulangan paksa menjadi masalah yang sensitif.

"Pendekatan edukasi penting, di rumah sakit harus ada tim psikologi yang mengedukasi keluarga pasien dan disampaikan apa-apa yang akan terjadi. Bahkan di Jakarta bukan hanya pasien akan tetapi juga untuk dokter dan perawat juga dilakukan advokasi psikiatri dengan kondisi seperti ini petugas kesehatan menjadi down," kata Ari dalam Special Report di iNews TV, Sabtu (6/6/2020).

Baca Juga : Helikopter Jatuh di Kendal Sedang Latihan Terbang & Dalam Keadaan Baik

Selain itu Ari menambahkan pemerintah juga perlu mempehatikan keselamatan tenaga medis. Pasalnya ia menemukan ancaman kepada tenaga kesehatan dari keluarga pasien bahkan menodong dengan senjata.

"Terus terang ancaman itu tidak ringan dan harus diperhatikan, perawat dan dokter itu membanu masyarakat, keamanan juga perlu ditingkatkan," imbuh Ari.

(aky)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini