Fakta-Fakta Soekarno, Presiden Pertama RI hingga Kuasai 10 Bahasa

Ahmad Luthfi, Okezone · Sabtu 06 Juni 2020 11:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 06 337 2225443 fakta-fakta-soekarno-presiden-pertama-ri-hingga-kuasai-10-bahasa-qCkstLWuPx.jpg (Foto: Okezone.com/Ist)

JAKARTA - Soekarno lahir pada 6 Juni 1901, dikenal sebagai Presiden Pertama Republik Indonesia pada periode 1945-1967.

Ia memainkan peranan penting dalam memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda. Ia adalah Proklamator Kemerdekaan Indonesia bersama dengan Mohammad Hatta yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945.

Soekarno adalah yang pertama kali mencetuskan konsep mengenai Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Soekarno ternyata memiliki nama lahir Koesno Sosrodihardjo. Ia memiliki kemampuan photographic memory & menguasai 10 bahasa lisan-tulisan.

Tidak hanya di Indonesia, nama Soekarno diabadikan di berbagai penjuru dunia. Misalnya, sebuah masjid di Rusia bahkan sampai dijuluki sebagai masjid Biru Soekarno karena jasa Bung Karno membuat masjid St Petersburg, yang dulunya sempat dijadikan sebagai gudang senjata.

Bangunan itu dikembalikan ke fungsi awalnya dan membuat masyarakat muslim St. Petersburg bisa kembali beribadah di masjid.

Selain itu, nama Soekarno juga diabadikan sebagai nama jalan di Ibu Kota Maroko. Nama Soekarno juga dipakai untuk Soekarno Square Khyber Bazar di Pakistan, Soekarno Bazar di Lahore, Jalan Ahmed Soekarno di Mesir.

Bung Karno juga pernah dua kali menjadi cover Majalah Time. Beliau dijuluki "Putra Sang Fajar" dan orator ulung.

Sebagai arsitek, bung karno banyak memberikan gagasan soal bangunan di Indonesia. Misalnya, Gelora Bung Karno, Monas, Masjid Istiqlal, Wisma Nusantara dan Hotel Indonesia.

Bung Karno juga dinobatkan sebagai pemimpin terbaik dunia sepanjang sejarah, mengalahkan Barack Obama, Vladimir Putin dan Ronald Reagan, menurut Theranking.com pada 2013.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini