Mengenal Fenomena Bulan Stroberi yang Muncul Nanti Malam

Fahmi Firdaus , Okezone · Jum'at 05 Juni 2020 16:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 05 337 2225147 mengenal-fenomena-bulan-stroberi-yang-muncul-nanti-malam-s4yVAUFNR4.jpg foto: shutterstock

JAKARTA – Fenomena gerhana bulan stroberi akan menghiasi langit pada 6 Juni 2020, berdasarkan zona waktu setempat. Gerhana bulan ini bisa disaksikan di langit Indonesia, jika cuaca mendukung.

Dilansir dari Telegraph, Jumat (5/6/2020), gerhana bulan ini di negara barat dikenal dengan istilah gerhana bulan stroberi. Bulan ini dinamai setelah awal musim memetik stroberi. Itu juga merupakan nama lain dari Rose Moon, Hot Moon, atau Hay Moon.

Bulan ini muncul di bulan yang sama dengan titik balik matahari musim panas, hari terpanjang dalam setahun (21 Juni) di mana kita dapat menikmati sekitar 17 jam siang hari. Gerhana bulan ini memiliki bentuk bulat penuh, dengan warna kemerahan cerah.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengatakan, gerhana bulan stroberi muncul Sabtu dini hari nanti dan puncaknya pada pukul 02.12 WIB. Sedangkan terjadi puncak bulan stroberi sekitar pukul 02.12 WIB. Saat gerhana terjadi, bulan akan berada dalam jarak 369.005 kilometer dari pusat bumi.

LAPAN menyebut, gerhana ini dikenal dengan nama hot moon alias bulan panas karena pada Juni di belahan utara bumi tepatnya di garis balik utara (23,5 derajat Lintang Utara).

“Gerhana bulan penumbra akan terlihat di sebagian besar wilayah Eropa, Afrika, Asia, Australia, Samudra Hindia, dan Australia,” tulis akun @pussainsa_lapan.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini