9 Sektor yang Dibuka Bakal Ditutup Kembali Jika Ada Kasus Covid-19 Baru

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Jum'at 05 Juni 2020 10:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 05 337 2224908 9-sektor-yang-dibuka-bakal-ditutup-kembali-jika-ada-kasus-covid-19-baru-aFtXrfCedc.jpg (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 telah membuka sembilan sektor yang dinilai memiliki dampak luas.

Sembilan sektor yang ditetapkan untuk dibuka kembali meliputi pertambangan, perminyakan, industri, konstruksi, perkebunan, pertanian dan peternakan, perikanan, logistik dan transportasi barang.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menjelaskan, apabila dalam perkembangannya ditemukan kasus Covid-19 baru, maka Ketua Gugus Tugas akan memberi rekomendasi susulan untuk menutup kembali aktivitas tersebut.

"Jika dalam perkembangannya ditemukan kasus Covid-19 dalam sektor tersebut, maka Gugus Tugas akan merekomendasikan kepada Kementerian terkait untuk menutup kembali aktivitasnya," tutur Doni dalam keterangannya, Jumat (5/6/2020).

Dalam hal ini perusahaan atau sektor yang melakukan aktivitas juga wajib mengambil tindakan preventif apabila terjadi potensi transmisi lokal ke masyarakat luas.

"Maka perusahaan dan/atau manajemen kawasan sektor tersebut berkewajiban untuk melakukan testing yang masif, tracing agresif, dan isolasi yang ketat dalam kluster penyebaran dari kawasan tersebut," tandas Doni.

 

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini