Share

Doni Monardo Minta Warga Sembuh dari Corona Donor Plasma Darah

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Kamis 04 Juni 2020 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 04 337 2224505 doni-monardo-minta-warga-sembuh-dari-corona-donor-plasma-darah-ycN8YtIsVP.JPG Doni Monardo. (Foto: YouTube BNPB)

JAKARTA - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo meminta warga yang telah sembuh dari virus corona (Covid-19) untuk bersedia menyumbangkan plasma darahnya.

Doni telah meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghubungi 2.500 warga Ibu Kota yang sembuh dari corona, agar bersedia diambil plasma darahnya melalui metode plasma convalescent. Selain Anies, Doni juga telah menghubungi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, terkait hal ini.

"Jadi semua warga negara masyarakat kita yang telah sembuh diharapkan bersedia untuk mendonorkan plasmanya kepada Dinas Kesehatan," ujar Doni melalui telekonferensi dalam ratas 'Percepatan Penanganan Covid-19', Kamis (4/6/2020).

Baca juga: Terapi Plasma Darah, Ketika Pasien Sembuh Membantu Mereka yang Kritis

Doni mengatakan, plasma darah bagi warga yang telah sembuh dari corona merupakan bentuk gotong royong antarsesama anak bangsa. Apalagi saat ini vaksin Covid-19 belum ditemukan.

Doni Monardo.

Nantinya, plasma darah warga yang telah sembuh dari corona akan dipakai untuk terapi bagi pasien tertular Covid-19.

"Jadi cara pengobatan yang telah dilakukan Kementerian Kesehatan dan telah diakui juga oleh beberapa lembaga internasional, menggunakan metode plasma convalescent. Kita dorong terus supaya pakar kita, ahli-ahli kedokteran kita, ahli kesehatan kita semakin banyak yang memiliki kemampuan untuk terapi plasma ini," jelasnya. 

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini