Baleg DPR Tunda Pembahasan DIM RUU Cipta Kerja & Inovasi

Muhamad Rizky, Okezone · Rabu 03 Juni 2020 15:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 03 337 2223931 baleg-dpr-tunda-pembahasan-dim-ruu-cipta-kerja-inovasi-BxBr7yIzOf.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Badan Legislasi (Baleg) DPR RI menunda pembahasan daftar inventaris masalah (DIM) tentang koperasi dalam Rancangan Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja (RUU Ciptaker).

Penundaan itu berkaitan dengan UU Nomor 17 Tahun 2012 tentang Perkoperasian yang telah dibatalkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK). Yang mana UU tersebut merupakan acuan tentang DIM koperasi.

"Pembahasan DIM nomor 130 sampai 148 tentang Koperasi kita tunda," kata Ketua Baleg DPR Supratman Andi Agtas memimpin rapat melalui teleconferance yang disiarkan aplikasi DPR Now, Rabu (3/6/2020).

Sebelumnya dalam rapat tersebut sejumlah fraksi dari PPP, PDIP, Nasdem, PAN, dan DPD menyetujui rencananya penundaan tersebut. Mereka menilai perlu dilakukan pendalaman terkait amar putusan MK yang telah membatalkan UU tersebut.

Supratman juga menunda DIM tentang inovasi dan riset agar para fraksi memperkuat sektor inovasi dan riset. Pasalnya hanya ada satu pasal yang membahas soal itu dalam RUU Ciptaker.

"Kita beri kesempatan kepada teman-teman PDIP Perjuangan dan maupun fraksi yang lain nanti untuk mengusulkan tambahan DIM baru," tandasnya.

Baca Juga : 3 Alasan Utama 38.052 Pemohon SIKM Ditolak

Sekadar informasi, Badan Legislasi (Baleg) DPR RI menggelar rapat lanjutan membahas Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) pada Rancangan Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja (RUU Ciptaker) pada Rabu (3/6/2020) hari ini.

Ketua Baleg sekaligus Ketua Panitia Kerja (Panja) RUU Cipta Kerja Supratman Andi Agtas mengatakan, rapat tersebut membahas DIM pada materi Bab V Kemudahan, Perlindungan dan Pemberdayaan UMKM dan Koperasi serta Bab VII Dukungan Riset dan Inovasi.

(aky)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini