Tanpa Fraksi Demokrat, DPR Gelar Rapat Lanjutan RUU Cipta Kerja

Muhamad Rizky, Okezone · Rabu 03 Juni 2020 13:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 03 337 2223862 tanpa-fraksi-demokrat-dpr-gelar-rapat-lanjutan-ruu-cipta-kerja-KjGEAW1ymg.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Badan Legislasi (Baleg) DPR RI menggelar rapat lanjutan membahas Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) pada Rancangan Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja (RUU Ciptaker) pada Rabu (3/6/2020) hari ini. Dalam rapat kali ini, tidak dihadiri Fraksi Demokrat.

Ketua Baleg sekaligus Ketua Panitia Kerja (Panja) RUU Cipta Kerja Supratman Andi Agtas mengatakan, rapat tersebut membahas DIM pada materi Bab V Kemudahan, Perlindungan dan Pemberdayaan UMKM dan Koperasi serta Bab VII Dukungan Riset dan Inovasi.

"Pada hari ini kita akan melanjutkan rapat panitia kerja dalam rangka untuk membahas RUU cinta kerja ini yang berkaitan dengan klaster UMKM dan riset inovasi," kata Supratman saat memimpin rapat melalui teleconferance yang disiarkan aplikasi DPR Now.

Ada 3 bagian yang akan dibahas kali ini kata Supratman, pertama terkait unit usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), kemudian tentang perkoperasian, dan menyoal riset dan inovasi.

Adapun rapat kali ini kata dia dihadiri oleh 8 fraksi yang ada di DPR kurang satu fraksi yakni dari Partai Demokrat yang tidak mengirimkam perwakilannya dalam rapat tersebut.

"Satu fraksi yang sampai saat ini belum mengirimkan utusannya yakni Fraksi Partai Demokrat ya kita tetap berharap dalam waktu waktu yang akan datang seluruh fraksi di parlemen ini bisa ikut," ungkapnya.

Meski minus Partai Demokrat rapat tetap dilanjutkan karena sudah mencapai kuorum. Hal itu sudah ada dalam aturan UU MD3 dan tata tertib yang ada.

"Oleh karena itu atas izin pimpinan dan seluruh anggota badan registrasi izin kan saya membuka rapat ini dan kita akan terbuka ya melihat bagaimana kesungguhan antara pemerintah DPD dan DPR secara sungguh-sungguh itu akan membahas menyangkut soal cluster-cluster yang ada di kerja," bebernya.

Baca Juga : Ajak Mendikbud Nadiem Makarim Duduk Bareng, Ini 12 Permintaan Mahasiswa

Sebelumnya, Fraksi Partai Demokrat DPR RI menarik anggotanya dari susunan panitia kerja atau panja pembahasan RUU Omnibus Law Cipta Kerja.

Fraksi Partai Demokrat berpandangan dalam situasi saat ini seharusnya pemerintah berfokus mengatasi pandemi ketimbang membahas RUU apapun yang tidak terkait, termasuk Cipta Kerja.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini