Presiden Jokowi Perintahkan Menteri Percepat Eksekusi Program Pemulihan Ekonomi

Fahreza Rizky, Okezone · Rabu 03 Juni 2020 10:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 03 337 2223705 presiden-jokowi-perintahkan-menteri-percepat-eksekusi-program-pemulihan-ekonomi-u3TttTHbFD.jpg Presiden Jokowi (Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan jajarannya segera mengeksekusi program pemulihan ekonomi dengan cepat di tengah pandemi virus corona atau Covid-19. Ia tidak ingin pertumbuhan ekonomi di kuartal berikutnya semakin anjlok.

Hal itu dikatakan Jokowi dalam rapat terbatas 'Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan Perubahan Postur APBN 2020' melalui telekonferensi. Kepala Negara memimpin langsung ratas ini dari Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (3/6/2020).

"Saya minta semua skema pemulihan ekonomi yang sudah dirancang seperti subsidi bunga untuk UMKM, penempatan dana untuk bank-bank terdampak restrukturisasi, penjaminan kredit modal kerja, PMN untuk BUMN dan investasi pemerintah untuk modal kerja, saya minta dan saya ingin pastikan ini harus segera operasional di lapangan segera dilaksanakan," kata Jokowi.

 

Kepala Negara menuturkan, tantangan terbesar Indonesia saat ini ialah menyiapkan skema pemulihan ekonomi yang tepat. Untuk itu, berbagai program yang sudah dibuat harus dieksekusi secara cepat agar pertumbuhan ekonomi tanah air tidak terkoreksi lebih dalam lagi.

"Tantangan kita terbesar saat ini bagaiman menyiapkan pemulihan ekonomi yang tepat, dieksekusi dengan cepat, dengan kecepatan, agar laju pertumbuhan ekonomi negara kita kita tidak terkoreksi lebih dalam lagi," tuturnya.

"Kita tahu kuartal pertama ekonomi kita hanya mampu tumbuh 2,97 persen. Kuartal kedua, ketiga dan keempat, kita harus mampu menahan agar laju pertumbuhan ekonomi tidak merosot lebih dalam lagi, tidak sampai minus, dan bahkan kita harapkan kita pelan pelan mulai bisa rebound," pungkasnya.

(sal)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini