Haji Dibatalkan, DPR Minta Jamaah Terdaftar Diprioritaskan Tahun Depan

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Rabu 03 Juni 2020 07:19 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 03 337 2223603 haji-dibatalkan-dpr-minta-jamaah-terdaftar-diprioritaskan-tahun-depan-7B8hHya4YL.jpg Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace (foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah telah mengambil sikap terkait pelaksanaan ibadah haji tahun 1441 Hijriah/ 2020. Dimanana tidak memberangkatkan jamaah lantaran masa pandemi Covid-19.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily mengharapkan agar para jamaah haji yang tak jadi berangkat tahun ini harus mendapatkan prioritas berangkat di tahun depan.

"Ya mereka harus berangkat tahun depan," kata Ace saat dihubungi Okezone di Jakarta, Rabu (3/6/2020).

 Makkah

Pemerintah sebelumnya mengumumkan pembatalan haji melalui Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi pada Selasa 2 Juni 2020. Keputusan diambil setelah memertimbangkan berbagai aspek termasuk waktu yang tidak memungkinkan melakukan persiapan keberangkatan hingga pemulangan jamaah yang akan memerlukan waktu lebih lama, bila mengikuti protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

Ace menyayangkan, sikap Menag yang mengumumkan kepastian pelaksanaan haji tanpa berkonsultasi dengan Komisi VIII DPR.

"Seharusnya Menteri Agama terlebih dahulu rapat dengan komisi VIII DPR untuk memastikan kelanjutan pelaksanaan haji tahun ini," ujarnya.

 

"Sebagaimana komitmen pada rapat kerja sebelumnya dan terkait dengan kebijakan strategis pelaksanaan haji harus berkonsultasi dengan DPR RI sebagaimana UU haji dan umrah tahun 2019," imbuhnya.

(wal)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini