Share

Doni Monardo Imbau Pasien Covid-19 yang Sembuh Sumbangkan Plasmanya

Syaiful Islam, Okezone · Selasa 02 Juni 2020 18:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 02 337 2223454 doni-monardo-imbau-pasien-covid-19-yang-sembuh-sumbangkan-plasmanya-hW3w6nRluq.jpg Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo di Gedung Grahadi Surabaya, Jatim, Selasa (2/6/2020). (Foto Ist)

SURABAYA – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengimbau masyarakat yang telah sembuh dari virus corona (Covid-19) agar menyumbangkan plasmanya kepada Pemprov Jatim. Hal itu dilakukan untuk mengobati pasien Covid-19 dengan metode plasma convalescent.

Dengan metode itu, diharapkan pasien Covid-19 yang saat ini tengah dirawat di rumah sakit bisa sembuh. Terapi metode plasma convalescent dianggap ampuh untuk mengobati pasien Covid-19, baik yang dalam kondisi berat maupun sangat berat.

"Hari ini kami dapat catatan sebanyak 654 pasien positif sudah sembuh. Kami mengimbau pasien positif yang sembuh ini untuk bersedia menyumbangkan plasmanya, darah yang diambil dari tubuh melalui sebuah sistem, yang tadi disampaikan Bapak Menteri Kesehatan metode plasma convalescent," kata Ketua Gugus Tugas Pusat Covid-19 Doni Monardo di Gedung Grahadi Surabaya, Selasa (2/6/2020).

Ilustrasi (Shutterstock)

Menurut Doni, Menteri Kesehatan Terawan yang ikut bersamanya membawa 21 pack plasma untuk diberikan pada beberapa rumah sakit yang ada di Jatim. Ini dilakukan untuk membantu merawat pasien yang dalam kondisi berat dan sangat berat.

"Dari pengalaman sebelumnya semua pasien yang mendapat terapi plasma convalescent ini, alhamdulillah sembuh total. Ini sebuah gagasan dan terobosan yang luar biasa dari Kementerian Kesehatan," ujar Doni.

Ia menambahkan, pihaknya tidak mungkin menunggu obat mujarab yang diakui secara global untuk bisa mengobati pasien Covid-19. Tapi, Indonesia selalu berusaha dan berinovasi, para peneliti bekerjasama dengan unsur yang ada untuk menemukan cara mengobati pasien-pasien Covid-19.


Baca Juga : 5.135 Warga Jatim Positif Corona, Ini Pesan Doni Monardo

"Kami nerharap masyarakat sebanyak 654 yang sembuh dari Covid-19 mudah-mudahan bersedia mendonorkan plasmanya kepada Pemprov Jatim, sehingga nanti bisa membantu pasien-pasien lainnya yang dalam pengobatan," tutur Doni.


Baca Juga : Gugus Tugas Serahkan APD hingga Robot Disinfektan ke Pemprov Jatim

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini