Haji 2020 Batal, Komisi VIII DPR RI Ingin Uang Jamaah Dikembalikan

Muhamad Rizky, Okezone · Selasa 02 Juni 2020 15:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 02 337 2223352 haji-2020-batal-komisi-viii-dpr-ri-ingin-uang-jamaah-dikembalikan-nP6Iip1u1e.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Anggota Komisi VIII DPR RI Fraksi PDIP Selly Andriany Gantina meminta Kementerian Agama mengembalikam dana yang telah disetorkan jamaah buntut keputusan pembatalan ibadah haji tahun 2020.

"Saya rasa yang paling penting jamaah yang harusnya berangkat harus dapat kepastian. Uang jamaah dikembalikan ya pak menteri. Diatur, dibuat skema yang jelas. Jangan rusak penantian panjang jamaah ini dengan masalah lagi. Skemanya dibuat, dilaporkan juga ke DPR agar bisa dilakukan perbaikan-perbaikan. Jangan main-main ya Pak, kasihan mereka," kata Selly dalam keteranga tertulisnya, Selasa (2/6/2020).

Dari fraksi yang sama anggota Komisi VIII lainnya, Diah Pitaloka menuturkan dana ibadah haji otomatis batal karena pembatalan pelaksanaan ibadah tersebut.

"Di balik keputusan Menteri Agama itu harusnya dilakukan secara formal karena menyangkut pembatalan BPIH biaya penyelenggaraan ibadah haji. Yang itu harus dibicarakan. Ini kan konsekuensinya biaya sekian triliun. Bukan hanya, 'enggak jadi ya kita berangkat besok', enggak bisa begitu. Iya kan? Enggak bisa, kita kan harus ada forum formalnya," kata Diah.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI, memutuskan untuk tidak memberangkatkan jamaah haji tahun ini dengan alasan keselamatan kesehatan jamaah selama pandemi virus corona (Covid-19).

Ilustrasi

Baca Juga : Solidaritas untuk George Floyd, Puluhan Demonstran Berlutut di Depan Kedubes AS di Paris

Menteri Agama (Menag) RI, Fachrul Razi mengatakan, keputusan diambil setelah memertimbangkan berbagai aspek termasuk waktu yang tidak memungkinkan melakukan persiapan keberangkatan hingga pemulangan jamaah yang akan memerlukan waktu lebih lama, bila mengikuti protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

"Kami sudah menjalin komunikasi dengan Kementerian Arab Saudi soal haji 1441/2020, juga melakukan kajian literatur tentang data haji di masa lalu. Didapatkan fakta pada masa wabah, ibadah haji telah mengakibatkan tragedi kemanusiaan puluhan ribu jadi korban," Menag dalam konferensi pers via zoom di Kantor Kemenag, Jakarta. (Aky)

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini