Serahkan SK Partai Gelora, Menkumham: Semoga Konsisten Perjuangkan Kepentingan Rakyat

Arie Dwi Satrio, Okezone · Selasa 02 Juni 2020 14:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 02 337 2223297 serahkan-sk-partai-gelora-menkumham-semoga-konsisten-perjuangkan-kepentingan-rakyat-APEBbY0xIG.jpg Menkumham Yasonna H Laoly memberi keterangan pers (Okezone.com/Arie)

JAKARTA - Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) resmi mendapatkan Surat Keterangan (SK) berbadan hukum dari Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Hamonganan Laoly. Partai digawangi M Anis Matta diharapkan berjuang untuk kepentingan bangsa dan negara.

Yasonna didampingi Dirjen Administrasi Hukum Umum (AHU) Kemenkumham Cahyo Rahadian Muzhar dan Direktur Tata Negara AHU Baroto menyerahkan SK Partai Gelora lewat rapat virtual, Selasa (2/6/2020.

 Baca juga: Dapat SK Menkumham, Gelora Resmi Jadi Parpol Baru

"Kami menyambut gembira sebagai partai politik baru yang dapat menyampaikan aspirasi masyarakat, kita harap dapat konsisten memperjuangkan kepentingan rakyat, menghindari perbuatan KKB, menjadi bagian dari perekat dan pemersatu bangsa," kata Yasonna dalam keterangan resminya.

Yasonna berharap pengurus Partai Gelora untuk bisa bersama-sama pemerintah bahu-membahu membantu masyarakat menangani pandemi Covid-19.

"Saya berharap jajaran pengurus Partai Gelora bersama pemerintah melalui aksi sosial dan memutus rantai penyebaran Covid, jalani protokol kesehatan, gunakan masker, cuci tangan dengan air mengalir, serta jaga jarak," ujarnya.

Yasonna meminta Partai Gelora berperan jadi agen persatuan dan persaudaraan karena memiliki jaringan pengurus di 34 provinsi, 423 kabupaten-kota, dan 3.639 kecamatan di seluruh NKRI.

"Sebagai menteri yang telah menerima permohonan pendaftaran badan hukum partai politik, saya melihat Partai Gelora bisa melakukannya secara terstruktur dan massif," ucapnya.

Dalam rapat virtual tersebut, Menkumham melihat militansi kader Partai Gelora, dan jaringan luas menjadi modal penting untuk mengarungi gelombang kehidupan demokrasi di Indonesia. Partai Gelora, ungkap Yasonna, akan menjadi bagian dari partai politik di parlemen untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat.

"Saya percaya pada pesta demokrasi 2024 akan menjadi kontender yang diperhitungkan partai-partai lain," jelasnya.

Kemenkumham telah melakukan verifikasi secara virtual melalui aplikasi zoom dengan perwakilan Partai Gelora selama 45 hari sesuai ketentuan perundangan yang berlaku. Adapun berdasarkan hasil verifikasi administrasi dan verifikasi faktual Partai Gelora .

Partai Gelora memenuhi ketentuan peraturan perundangan sehingga dapat dinyatakan sah sebagai badan hukum partai politik

"Ucapan selamat saya pada pengurus Partau Gelora di seluruh Indonesia. Semoga partai gelora dapat lebih menggelorakan semangat nasionalisme, optimisme kepada seluruh bangsa indonesia, di bawah panji-panji pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika," katanya.

Yasonna pun menyerahkan SK Menkumham RI tentang pengesahan Badan Hukum Partai Gelora Indonesia pada Dirjen AHU. Selanjutnya, Dirjen AHU akan menyampaikan ke Partai Gelora Indonesia.

Acara serah terima tersebut dilakukan menyusul sudah ditandatanganinya SK bernomor M.HH-11.AH.11.01 Tahun 2020 itu oleh Menkumham pada 19 Mei 2020 lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini