Pemerintah Bakal Beri Masukan Pemda Terkait Penerapan New Normal

Puteranegara Batubara, Okezone · Senin 01 Juni 2020 19:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 01 337 2222928 pemerintah-bakal-beri-masukan-pemda-terkait-penerapan-new-normal-CAAcNg27L6.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengungkapkan, Gugus Tugas Nasional akan memberikan masukan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) terkait wacana penerapan kehidupan normal yang baru atau New Normal.

"Pertama tentunya kami akan memberikan masukan, melalui gugus tugas akan memberikan masukan kepada pemerintah daerah," kata Yurianto dalam jumpa pers live streaming di Gedung Graha BNPB Jakarta, Senin (1/6/2020).

Masukan itu, kata Yurianto akan diberikan setelah, dilakukan kajian tentang aspek epidemiologi virus corona di wilayah tersebut. Kemudian, pemerintah juga akan menyampaikan data-data tentang sistem kesehatan yang ada di daerah itu.

"Termasuk juga sistem surveillance kesehatan. Atas dasar inilah maka kami akan bisa melihat bahwa memang ada beberapa kabupaten kota di tanah air kami yang tidak terdampak Covid-19," ujar Yurianto.

Dengan adanya hasil itu, Yurianto menyebut bahwa, daerah yang dipastikan memiliki tren kasus covid yang rendah maka bisa dilakukan penerapan New Normal.

"Daerah-daerah inilah yang kemudian semestinya sudah bisa melaksanakan tata kehidupan yang baru," ucap Yurianto.

Baca Juga : Desa Wonocolo Sidoarjo Jadi Klaster Baru Penyebaran Corona

Menurut Yurianto, New Normal juga sangat dipengaruhi oleh kondisi dari suatu wilayah. Selain itu, dibutuhkan keputusan dan komitmen bersama antara Pemda dan seluruh elemen masyarakat di daerah tersebut.

"Sudah barang tentu ini harus menjadi keputusan pemerintah daerah, sudah menjadi keputusan yang diambil bersama sama dengan seluruh pemangku kepentingan seluruh pihak yang terkait dan seluruh tokoh yang ada di kabupaten kota tersebut," tutup Yurianto.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini