Hingga H+7 Lebaran, Polri Sudah Putarbalikan 45 Ribu Kendaraan

Puteranegara Batubara, Okezone · Senin 01 Juni 2020 19:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 01 337 2222926 hingga-h-7-lebaran-polri-sudah-putarbalikan-45-ribu-kendaraan-C7waMrdYAb.jpg Kakorlantas Irjen Istiono (Foto : Istimewa)

JAKARTA - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Istiono mengungkapkan bahwa sampai dengan H+7 Lebaran 2020, sudah ada sekira 45 ribu kendaraan yang diputarbalikan saat arus balik.

Hal itu disampaikan Istiono saat meninjau arus balik H+7 Lebaran di kawasan Banten, yakni Gerbang Tol Cikupa, Pos check point Ciwandan, dan ketiga di Pos Mercusuar Anyer, bersama Kapolda Banten Irjen Fiandar, Senin (1/6/2020).

"Secara keseluruhan pada arus balik H+7 ini sekitar 45 ribu kendaraan yang sudah diputar balik yang dari Jawa timur menuju Jakarta maupun dari arah Lampung dan Banten," kata Istiono dalam tinjauannya.

Istiono menyebut, sampai dengan saat ini, kondisi arus lalu lintas di beberapa titik yang menjadi pusat arus balik terpantau dalam keadaan yang normal. Menurutnya, dalam per hari, yang diminta putarbalik sebanyak 300 kendaraan.

Terkait kondisi saat ini, Istiono menjelaskan bahwa, pada tahun ini mengalami penurunan hingga 83 persen dibanding tahun lalu, untuk jumlah kendaraan dari Jawa Timur menuju Lampung.

"Dan dari Sumatera menuju Jakarta, lebih kurang 55 persen, dan totalnya sekitar 70 persen mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu," ujar Istiono.

Baca Juga : Balita Berusia 1,5 Tahun Tertular Corona dari Ibu Kandungnya

Istiono mengatakan, dalam proses pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2020, sama sekali tidak terjadi gangguan yang berarti. Pasalnya, kata dia, masyarakat sudah lebih bijak mengikuti imbauan imbauan Pemerintah agar tidak mudik saat pandemi Covid-19.

"Arus mudik dan arus balik sampai sekarang iramanya seperti itu. Itu artinya apa yang kami langkahkan di lapangan ketika arus mudik kemarin dan arus balik sekarang ini dalam kondisi cukup terkendali dan cendrung landai dan arus lalu lintas cukup di dominasi kendaraan logistik karena kendaraan yang memang punya izin," tutup Istiono.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini