Sistem Bersatu Melawan Covid-19 Miliki 39.000 Data Penyelidikan Epidemiologi Corona

Fahreza Rizky, Okezone · Sabtu 30 Mei 2020 17:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 30 337 2222101 sistem-bersatu-melawan-covid-19-miliki-39-000-data-penyelidikan-epidemiologi-corona-2BzWiGrMh6.jpg Dewi Nur Aisyah

JAKARTA – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPCC-19) menyatakan hingga kini sistem bersatu melawan virus corona sudah mencatat 39.000 data penyelidikan epidemiologi yang bisa jadi panduan dalam penanganan corona. Data itu sudah terintegrasi dengan sistem Kementerian Kesehatan.

Hal itu dikatakan Pakar Informatika Penyakit Menular dan Epidemiologi GTPPC19, Dr. Dewi Nur Aisyah dalam konferensi pers disiarkan langsung dari Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (30/5/2020).

“Sistem Bersatu Melawan Covid-19 telah mencatat sebanyak 39.000 data penyelidikan epidemiologi yang berasal dari ODP, PDP, pasien positif, kontak pelaku perjalanan yang kita dapat dari Puskesmas, rumah sakit dan Dinas Kesehatan,” kata Dewi.

GTPPC-19 mengembangkan sistem informasi terintegrasi yang diberi nama Bersatu Melawan Covid-19 menindaklanjuti perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyatakan seluruh data dan informasi terkait corona harus terintegrasi ke sistem gugus tugas.

 ilustrasi

“Tujuan utama sistem informasi ini untuk mempercepat pelaporan data dari daerah sampai dengan pusat dan yang kedua adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan risiko-risiko maupun daerah-daerah rawan yang ada di sekitarnya,” ujar Dewi.

Secara umum sistem Bersatu Melawan Covid-19 ada tujuh modul utama, didalamnya termasuk modul kesehatan mulai dari Puskesmas, rumah sakit, laboratorium sampai dengan data logistik, mobilitas penduduk maupun hasil rapid test.

“Selain itu kami juga telah mengintegrasikan sistem ini dengan sistem rumah sakit online di bawah koordinasi Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan.”

Data logistik juga masuk dari data data gudang untuk melihat ketersediaan dan distribusi dari logistik rumah sakit dan laboratorium mencakup alat kesehatan alat pelindung diri (APD) dan juga obat-obatan.

(sal)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini