Pengurus Tak Akan Tergesa-gesa Membuka Masjid Istiqlal untuk Umum

Puteranegara Batubara, Okezone · Sabtu 30 Mei 2020 08:53 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 30 337 2221899 pengurus-tak-akan-tergesa-gesa-membuka-masjid-istiqlal-untuk-umum-MN8umSuUQY.jpg Jamaah beribadah di dalam masjid Istiqlal Jakarta (foto: Okezone)

JAKARTA - Masjid Istiqlal sampai dengan saat ini masih ditutup dari segala jenis aktivitas keagamaan bagi masyarakat umum, menyusul terjadinya pandemi Covid-19 atau virus corona.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah mengungkapkan, jika Masjid terbesar se-Asia Tenggara itu akan dibuka saat penerapan New Normal, maka pihaknya akan memperketat standar protokol kesehatan bagi pengunjung.

"Jadi nanti seandainya buka tetap memberlakukan protokol kesehatan yang ketat," kata Abu saat dikonfirmasi Okezone, Jakarta, Jumat (29/5/2020).

Dalam rencana penerapan kehidupan normal yang baru ditengah pandemi virus SARS-CoV-2, aktivitas warga mulai dari pusat perbelanjaan, Mall dan tempat ibadah akan berjalan seperti sediakal. Tetapi tetap perhatikan protokol kesehatan.

Abu menjelaskan, diperketatnya protokol kesehatan lantaran agar menghindari kerumunan massa di Masjid Istiqlal. Mengingat, virus corona rentan penyebarannya apabila terjadinya keramaian.

"Sebab pengunjung Istiqlal ini kan ramai dari dalam negeri dari daerah bahkan dari luar negeri, sedang kita tau Covid-19 ini menyebar di kerumunan massa," ujar Abu.

Selain itu, Abu menekankan, sampai saat ini masih dilakukan pembahasan mendalam soal dibukanya aktivitas peribadatan di Masjid Istiqlal. Mengingat, untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan kedepannya.

"Iya pasti dong, yang jelas nanti kami tidak mau kalau seandainya Istiqlal kami buka untuk umum terjadi masalah baru, makanya kami tidak tergesa-gesa dan gegabah membuka Masjid untuk umum," ucap Abu.

Hingga saat ini, Abu menyatakan Masjid Istiqlal masih ditutup untuk umum. "Masjid masih kami tutup dan tidak ada pelayanan Ibadah dalam bentuk apapun," tutup Abu.

(amr)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini