Peristiwa 30 Mei: JP Coen Taklukkan Jayakarta dan Dirikan Batavia

Puteranegara Batubara, Okezone · Sabtu 30 Mei 2020 05:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 30 337 2221860 peristiwa-30-mei-jp-coen-taklukan-jayakarta-dan-dirikan-batavia-zVrMz0OwHS.jpg foto: ist

JAKARTA - Beberapa peristiwa dan catatan sejarah penting terjadi baik dalam maupun luar negeri yang terjadi pada tanggal 30 Mei tiap tahunnya. Beberapa diantaranya adalah Jayakarta berganti nama jadi Batavia hingga lahirnya Pesepakbola Inggris Steven Gerarrd

Untuk mengingat ataupun menambah wawasan sejarah, Okezone telah merangkum sejumlah peristiwa dan kejadian penting di tanggal 30 Mei dari Wikipedia, antara lain:

1. Jayakarta ganti nama jadi Batavia

30 Mei 1619, Jan Pieterszoon Coen berhasil menaklukan Jayakarta dan mengganti namanya menjadi Batavia. Tanggal ini juga diperingati sebagai hari jadi Kota Batavia.

Jan Pieterszoon Coen adalah Gubernur Jenderal wilayah kongsi Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) yang keempat dan keenam. Pada masa jabatan pertama ia memerintah pada tahun 1619 – 1623 dan untuk masa jabatan yang kedua berlangsung pada tahun 1627 – 1629.

Batavia adalah nama yang diberikan oleh orang Belanda pada koloni dagang yang sekarang tumbuh menjadi Jakarta, ibu kota Indonesia. Batavia didirikan di pelabuhan bernama Jayakarta yang direbut dari kekuasaan Kesultanan Banten. 

Sebelum dikuasai Banten, bandar ini dikenal sebagai Kalapa atau Sunda Kelapa, dan merupakan salah satu titik perdagangan Kerajaan Sunda. Dari kota pelabuhan inilah VOC mengendalikan perdagangan dan kekuasaan militer dan politiknya di wilayah Nusantara.

2. Napoleon diasingkan

30 Mei 1814, Napoleon diasingkan ke Elba setelah penandatanganan Persetujuan Paris Pertama. Napoleon adalah seorang pemimpin militer dan politik Prancis yang menjadi terkenal saat Perang Revolusioner.

Sebagai Napoleon I, dia adalah Kaisar Prancis dari tahun 1804 sampai tahun 1814, dan kembali pada tahun 1815. Napoleon berasal dari sebuah keluarga bangsawan lokal dengan nama Napoleone di Buonaparte (dalam bahasa Korsika Nabolione atau Nabulione).

3. Raja Thailand tewas 

30 Mei 1941, Raja Prajadhipok dari Thailand wafat. Dia adalah raja ketujuh Siam dari Dinasti Chakri. Ia merupakan raja terakhir Siam yang memegang kekuasaan absolut, setelah terjadinya kudeta pada tahun 1932, dan raja Siam pertama yang mengundurkan diri dari jabatannya.

4. Kelahiran Pesepakbola Steven Gerarrd

30 Mei 1980 merupakan kelahiran dari Steven Gerrard yang merupakan pemain sepak bola dari Negara Inggris.

Gerarrd dikenal sebagai seorang mantan pemain sepak bola asal Inggris, dan manajer klub sepak bola asal Skotlandia, Rangers. Dia telah memainkan sebagian besar kariernya di posisi pusat lini tengah, tetapi ia juga pernah diposisikan sebagai second striker, gelandang bertahan, bek kanan, dan pemain sayap kanan.

Pemain asli kota Liverpool atau Liverpudlian ini mengidolakan John Barnes, yang sama-sama memainkan peran playmaker di lapangan tengah. Ia menikah dengan Alex Curran dan dianugerahi empat anak, yakni: Lourdes Gerrard, Lexie Gerrard, Lilly-Ella Gerrard, dan Lio Gerrard. Pada tahun 2015, Stevie G, demikian ia kerap dipanggil, menerbitkan buku "My Story" yang ditulisnya sendiri dan berkisah soal perjalanan kariernya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini