Sampai H+4 Lebaran, Sudah 25 Ribu Kendaraan Disuruh Putar Balik

Puteranegara Batubara, Okezone · Jum'at 29 Mei 2020 20:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 29 337 2221740 sampai-h-4-lebaran-sudah-25-ribu-kendaraan-disuruh-putar-balik-wbexkYYDFq.jpg Kakorlantas Irjen Istiono (Foto : Istimewa)

JAKARTA - Kakorlantas Polri Irjen Istiono secara maraton meninjau secara langsung sejumlah pos pengamanan arus balik Lebaran 2020. Kali ini, Istiono dan jajaran memantau di pos jaga Cikopo, pos check point Patok Besi, Pantura Subang dan check point KM 47 tol Cikampek arah Jakarta.

Istiono mengungkapkan, sampai dengan H+4 Hari Raya Idul Fitri, pihaknya sudah memutarbalikan kendaraan saat arus balik sebanyak 25 ribu. Sedangkan, arus mudik setidaknya ada 78 ribu yang diputarbalikan.

"Kemudian kendaraan yang sudah kita putarbalikan sampai hari ini lebih kurang 25 ribu kalau arus mudiknya sekitar 78 ribu. Total kendaraan yang dihalau arus balik maupun mudik sampai hari ini itu 103 ribu," kata Istiono dalam tinjauannya, Jumat (29/5/2020).

Istiono menjelaskan, hingga hari ini kondisi arus balik masih didominasi oleh kendaraan pembawa logistik. Hal itu diketahui dari pendataan 146 pos sekat yang didirikan dari Jawa Timur hingga Lampung.

"Landai semuanya dan didominasi oleh angkutan logistik nah kecendrungan demikian, ada keengganan masyarakat untuk mulai berpindah atau melakukan perjalanan dari kota ke kota," ujar Istiono.

Menurut Istiono, saat pelaksanaan arus balik, kondisi lalu lintas di sepanjang Jawa Timur dan Lampung tidak mengalami kepadatan ataupun penumpukan kendaraan.

"Kemudian tidak ada penumpukan di lokasi-lokasi penyekatan di 146 pos dari Lampung hingga Jatim," ucap Istiono.

Baca Juga : Cerita Polisi Jauh dari Keluarga Demi Tugas Negara

Saat meninjau, Istiono didampingi Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Barat Kombed Eddy Djuanaedi bersama dengan Direktur Jasa Raharja Budi Rahardjo.

Pada setiap pos yang ditinjaunya Istiono dan jajaran menyempatkan untuk membagikan masker dan vitamin terhadap personel yang berjaga di pos penyekatan atau check point.

(aky)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini