Masjid di Wilayah PSBB Gelar Sholat Jumat, Ini Sikap Muhammadiyah

Fahreza Rizky, Okezone · Jum'at 29 Mei 2020 19:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 29 337 2221681 masjid-di-wilayah-psbb-gelar-sholat-jumat-ini-sikap-muhammadiyah-okCPPe9exz.jpg Penerapan physical distancing saat sholat Jumat di Masjid Agung, Al Barkah, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (29/5/20200. (Foto : Okezone.com/Heru Haryono)

JAKARTA – Sejumlah masjid di wilayah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menggelar sholat Jumat berjamaah hari ini. Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyebut itu terjadi karena masyarakat telah menganggap wilayahnya aman dari virus corona.

"Sholat Jumat adalah bagian dari keyakinan. Jadi tidak mudah menyadarkan masyarakat untuk mematuhi imbauan pemerintah dan lembaga-lembaga agama. Selain itu, mereka yang melaksanakan sholat berpendapat bahwa situasi sudah aman," kata Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti kepada Okezone, Jumat (29/5/2020).

Mu'ti menuturkan, maraknya sholat Jumat berjamaah di wilayah PSBB juga tidak lepas dari sikap dan pernyataan pejabat negara yang simpang siur.

"Ini juga tidak lepas dari sikap dan pernyataan pejabat negara yang simpang siur. Salah satunya adalah pernyataan Menag di media bahwa masjid dan tempat ibadah sudah bisa dibuka. Walaupun Menag menyampaikan beberapa persyaratan, umumnya masyarakat tidak memperhatikan," tuturnya.

Oleh sebab itu, PP Muhammadiyah berharap pemerintah tidak tergesa-gesa memberlakukan kenormalan baru (new normal) di tengah pandemi corona.

"Perlu edukasi agar masyarakat memiliki pemahaman yang benar dan dukungan fasilitas untuk memastikan protokol Covid-19 dipatuhi terutama oleh takmir atau pengelola tempat ibadah. Beberapa kasus penularan Covid-19 terjadi di tempat. Yang terakhir pada saat sholat Idul Fitri di salah satu masjid," ucap Mu'ti.

Terapkan Protokol Kesehatan, Masjid Agung Al Barkah Gelar Sholat Jumat

Sebagaimana diketahui, sejumlah daerah yang masih menerapkan PSBB sudah mulai menggelar sholat Jumat berjamaah di masjid. Beberapa di antaranya yakni Kota Bogor dan Padang.

Kota Bogor diketahui masih memberlakukan PSBB transisi hingga 4 Juni 2020. Sedangkan Padang masih memberlakukan PSBB hingga 7 Juni 2020.

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengatakan, rekomendasi pembukaan rumah ibadah di era new normal akan dikeluarkan oleh camat. Namun, hanya daerah yang aman dari Covid-19 saja yang diperbolehkan membuka rumah ibadah.


Baca Juga : Sholat Jumat Kembali Digelar dengan Jaga Jarak Saf, Ini Kata MUI

"Itu hanya boleh di rumah ibadah yang relatif aman dari Covid-19 dan direkomendasi oleh camat atau bupati/wali kota, sesuai level rumah ibadah tersebut," katanya sesuai rapat terbatas bersama Presiden Jokowi melalui telekonferensi, Rabu 27 Mei 2020.

Namun demikian, hingga berita ini diturunkan, Kemenag belum secara resmi mengeluarkan panduan kegiataan keagamaan di rumah ibadah menyusul akan diberlakukannya new normal.


Baca Juga : Sholat Jumat Perdana Selama PSBB, Bima Arya : Emosional dan Terharu

(erh)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini