Jumlah Kasus Positif Virus Corona di Aceh Kecil, Ini Kuncinya

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Jum'at 29 Mei 2020 19:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 29 337 2221680 jumlah-kasus-positif-virus-corona-di-aceh-kecil-ini-kuncinya-Ryq3lRprMK.jpg Foto Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Kasus pasien positif virus corona atau Covid-19 di Provinsi Aceh paling terendah se Indonesia. Tercatat berdasarkan data dari Kemeneterian Kesehatan hingga hari Jumat (29/5/2020) hanya ditemukan 20 kasus positif Covid-19 saja.

Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengatakan, kasus Covid-19 di wilayahnya melandai disebabkan beberapa faktor. Salah satunya mengantisipasi lebih awal terjadi penyebaran virus tersebut.

“Kita kerjakan seperti di daerah lain di Indonesia. Hanya di Aceh lebih cepat lebih terpadu dan kita lebih fokus,” kata Nova dalam jumpa pers live streaming di Gedung Graha BNPB, Jakarta, Jumat (29/5/2020).

 Covid-19

Nova mengatakan, langkah cepat pihaknya adalah memulangkan mahasiswa yang ada di Wuhan, China sejak akhir Januari 2020. Kemudian Pemprov Aceh menyedikan sarana dan prasaran kesehatan sebelum ada kasus pasien positif disana.

“Mulai dari pembukaan posko sebagai pusat informasi dan penyiapan rumah sakit rujukan ruang isolasi dan kebutuhan lainnya Covid-19. Ini sebelum ada yang terindikasi positif,” terang Nova.

Disamping itu, Nova mengapresiasi masyarakat Aceh yang reaktif mendukung pemerintah daerah dalam menghadapi Covid-19. Ia berharap masyarakat tetap disiplin kedepannya.

Lebih lanjut, Nova mengklaim dukungan kepada tenaga medis yang bertugas menjadi salah satu kunci keberhasilan menekan kurva penyebaran Covid-19.

“Dukungan masyarakat kepada tim medis yang sangat luar biasa semua terkait kerja tim medis tim paramedis, dokter ahli mendapat dukungan dari sejumlah lapisan masyarakat terutama aparatur Pemerintah. Baik di provinsi atau pun di kabupaten kota berbagai bantuan disalurkan dukungan yang memberikan semangat kepada tenaga medis termasuk keluarga mereka yang di rumah,” tandasnya.

(wal)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini