Sholat Jumat Kembali Digelar dengan Jaga Jarak Saf, Ini Kata MUI

Pernita Hestin Untari, Okezone · Jum'at 29 Mei 2020 17:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 29 337 2221636 sholat-jumat-kembali-digelar-dengan-jaga-jarak-saf-ini-kata-mui-E8CkUO5fRh.jpg Penerapan physical distancing saat sholat Jumat di Masjid Agung, Al Barkah, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (29/5/20200. (Foto : Okezone.com/Heru Haryono)

JAKARTA – Jelang penerapan tatanan new normal (kenormalan baru) di tengah pandemi virus corona (Covid-19), beberapa daerah di Indonesia mulai membuka kembali masjid. Sebelumnya masjid ditutup untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Majelis Utama Indonesia (MUI) juga telah mengizinkan masjid dibuka, tapi di daerah zona hijau Covid-19. Meskipun mulai dibuka di beberapa daerah, protokol kesehatan Covid-19 harus diterapkan di masjid. Selain menjaga kebersihan, jaga jarak diterapkan untuk mencegah antar jamaah bersentuhan. Padahal biasanya imam masjid mewajibkan rapat saf saat salat berjamaah di masjid.

Ketua Bidang Pendidikan dan Kaderisasi MUI, Abdullah Jaidi mengungkapkan, dalam keadaan darurat seperti sekarang ini saf yang rapat tidak diwajibkan guna mengurangi penyebaran Covid-19.

“Biasanya kalau di masjid itu imam menganjurkan rapat saf. Tapi, di situasi sekarang kita diperbolehkan menjaga jarak. Menjaga jarak ini supaya tidak bersentuhan. Pada saat imam bicara Al Fatihah, makmum tidak perlu mengucapkan amin secara keras, cukup didengar telinga kita masing-masing,” kata Abdullah dalam tayangan Special Report di iNews TV, Jumat (29/5/2020).

Selain itu, dalam situasi sekarang ini, Abdullah mengimbau masyarakat untuk tidak berjabat tangan usai salat.

Ketua Bidang Pendidikan dan Kaderisasi MUI, Abdullah Jaidi. (Tangkapan layar tayangan iNews TV)

Abdullah menjelaskan, MUI telah mengeluarkan fatwa Nomor 14 Tahun 2020. Dalam fatwa tersebut dijelaskan, ibadah di masjid diperbolehkan bagi wilayah yang sudah terkendali atau zona hijau.

“Bagi wilayah yang zona hijau atau terkendali boleh membuka kembali masjid untuk sholat jumat dan sholat jamaah. Akan tetapi, tetap harus memperhatikan kepada pedoman kesehatan. Pedoman itu berkenaan dengan bahwa mereka sebelum ke masjid dan berwudhu harus mencuci tangan dengan sabun, membawa sajadah sendiri, memakai masker, dan jangan bersentuhan dengan masyarakat sekitar,” tutur Abdullah.

Selain itu pihak masjid harus memeriksa suhu jamaah, menyediakan hand sanitizer dan masker (untuk jamaah yang tidak membawa masker pribadi).


Baca Juga : Sholat Jumat Perdana Selama PSBB, Bima Arya : Emosional dan Terharu

Sebagaimana diketahui, sholat Jumat kembali digelar di sejumlah daerah hari ini, di antaranya Bukittinggi, Bekasi, dan Bogor. Protokol kesehatan Covid-19 juga diterapkan, bahkan masjid disemprotkan disinfektan usai sholat Jumat.


Baca Juga : PSBB Dilonggarkan, Masjid di Kota Padang Gelar Sholat Jumat Berjamaah

(erh)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini