KPU Lengkapi Laporan Kebocoran Data DPT ke Bareskrim Polri

Arie Dwi Satrio, Okezone · Jum'at 29 Mei 2020 15:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 29 337 2221547 kpu-lengkapi-laporan-kebocoran-data-dpt-ke-bareskrim-polri-BsOuR7qnTX.jpg Foto Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Kabag Penum Mabes Polri, Kombes Ahmad Ramadhan membenarkan bahwa pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU), telah melaporkan adanya dugaan pembocoran data Daftar Pemilih Tetap (DPT). KPU melaporkan dugaan pembocoran data DPT itu pada Kamis, 28 Mei 2020, ke Bareskrim Polri.

Namun pada Kamis, 28 Mei 2020, sambung Ahmad, pihak KPU belum melengkapi persyaratan laporan tersebut. Oleh karenanya, KPU kembali ke Bareskrim pada hari ini untuk melengkapi laporan tersebut.

"Benar, KPU datang ke SPKT Bareskrim Polri untuk membuat laporan polisi tentang kebocoran data daftar pemilih tetap KPU," kata Ahmad saat menggelar konpers di Mabes Polri, Jumat (29/5/2020).

 Baca juga: Polri: KPU Akan Laporkan Hoaks Data Pemilih Diretas Besok

"Namun dikarenakan syarat formil belum lengkap diantaranya surat tugas dari pimpinan KPU, dan hasil terjemahan dari akun di media sosial juga tidak dibawa, maka hari ini Jum’at 29 Mei 2020 direncanakan pihak KPU akan kembali datang ke SPKT Bareskrim Polri untuk membuat laporan polisi," sambungnya.

Baca juga: Soal Data Pemilih KPU Diretas, Ini Kata Polri 

Sekadar informasi, akun twitter @underthebreach sempat memposting data DPT milik KPU di media sosial (medsos). Data milik KPU yang diposting salah satunya terkait DPT Pemilu 2014 di Yogyakarta.

Pihak KPU sendiri membantah adanya peretasan terhadap data DPT pada Pemilu 2014. Berdasarkan hasil penelusuran KPU, data yang ditampilkan atau diposting oleh @underthebreach adalah data lama.

(wal)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini