Kemenkes: Perusahaan Harus Rajin Pantau Kondisi Kesehatan Karyawannya

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Jum'at 29 Mei 2020 14:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 29 337 2221504 kemenkes-perusahaan-harus-rajin-pantau-kondisi-kesehatan-karyawannya-Ybowwj9bN4.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan, Kartini Rustandi mengingatkan agar perusahaan menyediakan tempat kerja yang sehat dan aman dari penularan Covid-19.

Hal tersebut sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 Tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha Pada Situasi Pandemi.

“Harus memfasilitasi tempat kerja yang aman dan sehat. Misalnya dengan melakukan pembersiyan dan disinfektan, lalu tempat cuci tangan dan hand sanitizer, kemudian penataan jarak antar pekerja,” kata Kartini di Graha BNPB Jakarta, Jumat (29/5/2020).

Perusahaan harus mengawasi kondisi kesehatan karyawannya selama bekerja di kantor. Hal tersebut perlu dilakukan sebagai sebuah upaya untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

“Perusahaan harus melakukan pemantauan kesehatan tempat pekerjaan secara proaktif dan rutin. Apakah dia melihat ada yang demam atau flu atau adakah yang sering enggak masuk,” katanya.

Baca juga: IGI: Pemerintah Terlalu Berani jika Paksakan Sekolah Dibuka Kembali

Karena itulah, menurutnya harus memiliki pengawas yang khusus memantau kondisi kesehatan karyawannya. “Paling tidak di perkantoran misalnya, di perkantoran Pemerintah ada di bagian kepegawaian dan bagian umum yang harus mempersiapkan ini," jelas Kartini.

Menurutnya, sebuah perusahaan dapat berkoordinasi dengan dinas kesehatan, jika ada karyawan yang sakit atau menunjukan gejala tertular virus corona.

"Mereka juga harus melakukan laporan atau berkoordinasi ketika pekerjanya sakit, atau tempat kerja itu ada tamu yang sakit. Itu perlu dikoordinasikan," ujar dia.

Kartini berharap agar perkantoran atau dunia usaha menjadi salah satu tempat untuk memutus rantai Covid-19. Salah satu caranya dengan memberikan sosialisasi kepada karyawannya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Tempat kerja harus melakukan sosialisasi dan edukasi pekerja terkait karena seringkali kita sering kali menemukan para pekerja kurang paham,” ujar dia.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini