Pengamat: Mal Belum Saatnya Dibuka

Achmad Fardiansyah , Okezone · Jum'at 29 Mei 2020 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 29 337 2221260 pengamat-mal-belum-saatnya-dibuka-Api3e29SFg.jpg Ilustrasi (Foto: Heru T)

JAKARTA - Pengamat Kebijakan Publik, Trubus memprediksi jika mal kembali dibuka sebelum virus corona terjadi penurunan, maka akan ada klaster baru yang terpapar Covid-19.

"Masih tingginya angka penularan Covid maka dengan adanya diprediksi mal itu dibuka tanggal 5 Juni tapi kelihatannya Pak Gubernur Anies belum merespons malah dianggap itu terlalu dini, jadi menurut saya memang kalau misalnya dibuka itu menjadi membentuk klaster baru," katanya kepada Okezone, Jumat (29/5/2020).

Trubus menjelaskan kenapa akan munculnya klaster baru jika pemerintan benar-benar memaksakan membuka tempat pembelanjaan tersebut.

"Karena tidak terkendali jadi kalau mal itu kan ada 3 pihak, satu pengelola mal, kedua adalah tenan, ketiganya adalah pengunjung mal. Ini menjadi persoalan karena kalau mau menerapkan protokol kesehatan itu harus ada yang mengawasi," tuturnya.

 

Persoalannya, Trubus melanjutkan dalam mengawasi tersebut sangat sukar, oleh sebab itu. Trubus menilai pembukaan mal dalam kondisi saat ini dinilai belum tepat.

"Jadi menurut saya belum waktunya," tutupnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini