Cerita Srikandi TNI AL Menjaga Perdamaian di Kongo saat Pandemi

Pernita Hestin Untari, Okezone · Kamis 28 Mei 2020 19:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 28 337 2221150 cerita-srikandi-tni-al-menjaga-perdamaian-di-kongo-saat-pandemi-VF6HeXcEEt.jpg foto: ist

JAKARTA- Menjadi seorang prajurit TNI tentu bukan perkara mudah. Sejumlah persyaratan khusus dan rekrutmen ketat harus dilewati untuk menjadi prajurit TNI yang tangguh. Prajurit TNI juga banyak diisi oleh perempuan.

Meski merupakan seorang perempuan, namun fisik mereka tidak kalah dengan prajurit pria. Salah satunya adalah anggota Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) Lettu Lilia Budianti.

Sebagai seorang prajurit, Lettu Lilia harus siap ditempatkan dimana sejak. Termasuk penugasan menjadi pasukan penjaga perdamaian PBB. Dia pun tergabung ke dalam Satuan Tugas (Satgas) TNI Kontingen Garuda (Konga).

Lilia bercerita dirinya harus berjauh-jauhan bersama keluarga selama mengemban tugas negara di Kongo, Afrika Tengah saat pandemi virus corona (Covid-19). Pada hari raya Idul Fitri pun ia tidak bisa berlebaran bersama keluarga.

"Ini sudah enam bulan berjalan (tugas di Kongo). Kali ini juga lebaran pertama tanpa keluarga, berat gak berat karena ini tugas negara kita lalui," kata Lilia melalui tayangan iNews TV Sore, Kamis (28/5/2020).

Prajurit berhijab ini juga harus tetap tegar menjalankan tugas negara, meskipun rasa rindu terhadap keluarga kerap kali muncul. Dirinya juga mengaku rindu dengan suasana lebaran di rumahnya.

"Lebaran disini yang jelas bersama dengan rekan kerja, mereka saudari kita juga. Kami anggap satu keluarga juga, disini alhamdulillah merasa tetap bersyukur bisa menikmati lebaran walau di negara orang," katanya.

Lilia bekerja sebagai wakil Indonesia untuk Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) untuk melindungi warga sipil di Kongo. "Kami dimandatkan PBB dan secara spesifik perwira penerangan satgas Indonesia," kata Lilia.

Dia juga sering mendengar rengekan dari anaknya yang ingin ditemani belajar di rumah selama pandemi virus corona sekarang ini. "Iya mereka bilang pengennya sama ibu saja bukan dengan yang lain," pungkasnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini