BMKG : Waspada Banjir Rob di Pesisir Lampung, Jawa, hingga Bali

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Rabu 27 Mei 2020 13:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 27 337 2220305 bmkg-waspada-banjir-rob-di-pesisir-lampung-jawa-hingga-bali-4g0WMMxfGO.jpg Banjir rob. (Ilustrasi/Dok Okezone.com/Taufik Fajar)

JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan adanya fenomena banjir rob (banjir pesisir) lantaran akibat adanya aktivitas pasang air laut, kondisi gelombang tinggi, dan curah hujan tinggi.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim, Eko Prasetyo mengatakan, kondisi banjir rob itu dapat mempengaruhi dinamika pesisir di wilayah Indonesia berupa banjir pesisir. BMKG memperkirakan banjir rob tersebut berlangsung pada 27-28 Mei 2020.

"Untuk itu, masyarakat pesisir pantai diimbau waspada adanya fenomena banjir pesisir (rob) yang diprediksi terjadi pada wilayah, seperti di pesisir barat Lampung, pesisir selatan Pulau Jawa, pesisir selatan Pulau Bali, hingga pesisir selatan Nusa Tenggara Barat," ujar Eko dalam keterangan tertulis, Rabu (27/5/2020).

Ia menjelaskan, banjir rob itu dapat berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan.


Baca Juga : Waspadai Gelombang Setinggi 5 Meter di Pantai Selatan Gunungkidul

"Masyarakat diimbau selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak banjir pesisir serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG," tuturnya. (erh)


Baca Juga : Suhu Udara Capai 36 Celcius, BMKG Imbau Masyarakat Tak Panik

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini