Pemerintah: Upaya Hentikan Masalah Covid-19 di Indonesia dan Dunia Sama

Puteranegara Batubara, Okezone · Selasa 26 Mei 2020 17:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 26 337 2219890 pemerintah-upaya-hentikan-masalah-covid-19-di-indonesia-dan-dunia-sama-RuflMowkdG.jpg Foto Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengungkapkan, bahwa upaya menghentikan penyebaran virus corona atau Covid-19 di Indonesia sama dengan yang dilakukan pada level dunia.

"Kami lihat upaya untuk hentikan masalah covid di tanah air, dan dunia adalah sama," kata Yurianto dalam jumpa pers live streaming di Gedung Graha BNPB Jakarta, Selasa (26/5/2020).

 Baca juga: New Normal, Protokol Kesehatan Tetap Diterapkan hingga Ada Vaksin Covid-19

Kesamaan itu, kata Yurianto diantaranya adalah yang sering digaungkan pemerintah soal standar protokol kesehatan. Selain itu, kesadaran kebersamaan juga menjadi kunci dalam memangkas penyebaran virus yang menyerang saluran pernapasan tersebut.

"Yaitu kebersamaan, menjaga ada jarak fisik saat kontak. Kita ketahui penularan penyakit ini terjadi karena kontak dekat dari droplet orang yang sakit para jarak sekitar 1 meter," ucap Yurianto.

 Baca juga: Update Covid-19 di Indonesia 26 Mei 2020: Positif 23.165 Orang, 5.877 Sembuh & 1.418 Meninggal 

Jaga jarak kontak fisik menjadi cara yang paling, selain dengan memperkuat perlindungan melalui penggunaan wajib masker dan sering mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik.

Menurut Yurianto, kedisiplinan dan komitmen masyarakat akan menentukan apakah kedepannya Indonesia bisa tetap menjalankan aktivitas dan produktivitas di tengah pandemi Covid-19.

"Oleh karena itu pemerintah dengan sungguh-sungguh dari gugus tugas di pusat maupun daerah akan terus menyampaikan, mengimbau dan meminta masyarakat patuhi kriteria itu," tutup Yurianto.

(wal)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini